Pengaruh Concept Attainment Model Terhadap Disposisi Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1473Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan disposisi berpikir kritis matematis mahasiswa melalui pembelajaran Concept Attainment Model dan pembelajaran konvensional. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji Levene, Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan disposisi berpikir kritis matematis mahasiswa kelas eksperimen dengan kelas konvensional secara keseluruhan. Untuk kedepannya disarankan penerapan Concept Attainment Model dilakukan dalam jangka waktu satu semester dan jumlah mahasiswa satu kelas tidak lebih dari 30 orang agar mendapatkan hasil penelitian yang maksimal.
Kata kunci : Concept Attainment Model, Disposisi Berpikir Kritis.
References
Anjum, S. K. (2014). A Study of effect of concept attainment model on achievement of geometric concepts of VIII standard students of english medium students of Aurangabad City. An International Peer Reviewed. Vol-II/XV.
Bhargava, R. (2016). Effect of concept attainment model on achievement in social sciences. International Journal of Science and Research. Vol.5. Issue.5.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Joyce & Weil. (1992). Models of teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Mathematics Association of America. (2004). Undergraduate programs and courses in the mathematical sciences: CUPM Curriculum Guide 2004.Washington DC: The Mathematics Association of America Published.
Mondal, B.C. (2013). Teaching science through information processing model: a review. Journal of Education and Practice. Vol.4, No.9.
Noto, M. S., Tonah & Hernati. (2015). Efektivitas pendekatan metakognitif terhadap kemandirian belajar dan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). 8 (1). 47-52.
Ostad, G. & Soleymanpour, J. (2014). The impact of concept attainment teaching model and mastery teaching method on female high school students’ academic achievement and metacognitive skilss. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology. Vol.3. Issue.2.
Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Noneksakta Lainnya.. Bandung: Tarsito.
Sharma, A. & Pachauri, D. (2016). Comparison of advance organizer and concept attainment model for teaching concepts of science to standard IX. International Journal of Educational Research and Technology. Vol.7, No.1.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan disposisi matematik: Apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. [Online]. Tersedia: http://math.sps.upi.edu/wp-content/upload/2010/02/ BERPIKIR-DAN-DISPOSISI-MATEMATIK-SPS-2010.pdf. [10 Mei 2011].
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyerahkan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.