Kemampuan Pedagogic Content Knowledge (PCK) Calon Guru Matematika Pada Program Pengalaman Lapangan di SMP/SMA Negeri Kota Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1291Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas instrument PCK yang digunakan untuk menganalisis kemampuan PCK calon guru matematika dan mengetahui perbedaan kemampuan PCK sebelum mengikuti program pengalaman lapangan dengan yang telah mengikuti program pengalaman lapangan. Penelitian ini menggunakan metodedeskriprif kualitatif, dimana mahasiswa tingkat 3G sebagai subjek penelitian.Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan PCK calon guru matematika kelompok tinggi sudah baik sedangkan kelompok sedang dan rendah termasuk kategori cukup (2) Terdapat peerbedaan kemampuan PCK calon mahsiswa sebelum mengikuti program pengalaman lapangan dan yang telah mengikuti program pengalaman lapangan. Temuan tersebut dapat dijadikan dasar untuk melakukan penelitian mengenai strategi untuk mengembangkan kemampuan PCK calon guru matematika.
Kata kunci: kemampuan akademik, Pedagogic Content Knowledge (PCK).
References
Aminah, N. ILK Dewi, DPD Santi, 2017. Keterampilan Bertanya dan Self Confidence Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. JNPM. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 1. Maret 2017. Hal 109-117
Aminah, N. and Wahyuni, I. 2018. Design of Capability Measurement Instruments Pedagogic Content Knowledge (PCK) for Prospective Mathematics Teachers. J.Phys.:Conf.Ser.1013 012112. online : http://iopscience.iop.org/issue/1742-6596/1013/1
Anwar, dkk. 2017. Profil Kemampuan Pedagigic Content Knowlegde (PCK) Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. STEM untuk Pembelajaran SAINS Abad 21, Palembang, 23 September 2017.
Cheing, et.al. 2007. Development of Mathematics Pedagogical Content Knowledge in Student Teacher. The Mathematics Educator Vol 10 No. 2.27-54.
Ball, D.L., Thames, M.H., dan Phelps, G. 2008. Content Knowledge for Teaching: What Makes It Special?[Online]. Tersedia: http://conferences.illinoisstate.edu/nsa/papers/thamesphelps.pdf[3 Desember 2012]
Gess-Newsome, J., Taylor, J.A., Carlson, A., Gardner, A. L., Wilson, C.D., & Stuhlsatz, M.A.M. (2017). Teacher pedagogical content knowledge, practice,and student achievement. International Journal Of Science Education.
Hauk, Sandi, et.al. 2014. Developing a Model of Pedagogical Content Knowledge for Secondary and Post-Secondary Mathematics Instruction. Dialogic Pedadogy an Internasional Online Journal. ISSN: 2325-3290. Vol. 2.
Karal, I.S. & Alev, N. (2016). Development of pre-service physics teachers’pedagogical content knowledge (PCK) throughout their initial training. Teacher Development, 20 (2), 162–180
Purwaningsih, Rustama, dan Redjeki. 2010. Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol 15. No. 2.Hal.87-94.
Turnukly. 2007. The Pedagogical Content Knowledge in Mathematics: Pre-Service Primary Mathematics Teachers’ Perspective in Turkey.IUMPST: The Journal, Vol 1 (Content Knowledge), October 2007. 1-13.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyerahkan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.