Model Think Pair Share: Apakah Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika?

Ahmad Faqih

Sari


Abstrak. Kendala yang dihadapi siswa dikala mengikuti pelajaran matematika adalah pemahaman konsep tentang materi pembelajaran matematika. Pemahaman konsep matematika akan lebih mudah jika dikombinasikan dengan strategi berupa model pembelajaran yang up to date, inovatif dan menyenangkan serta mengakomodir siswa. Model pembelajaran yang dianggap inovatif dan menyenangkan adalah think pair share. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share terhadap pemahaman konsep matematika untuk siswa kelas VIII MTs. Darul Ulum Serang Kabupaten Cirebon sub pokok bahasan kubus dan balok. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen. Sampel penelitian ini 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran think pair share serta kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran ekspositori. Untuk proses pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes. Untuk analisis data menggunakan uji-t independen. Hasil penelitian didapatkan nilai mean siswa yang memakai metode pembelajaran think pair share lebih tinggi dibandingkan dengan nilai mean siswa yang memakai metode pembelajaran ekspositori. Nilai mean siswa kelas eksperimen adalah 78,5 dan nilai mean siswa kelas kontrol adalah 67,57. Hal ini didukung juga dari hasil pengujian hipotesis dimana terdapat perbedaan rata-rata diantara kedua kelas. Untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih baik lagi, perlu pengawasan khusus pada tahap pairing, tahapan ini memerlukan kosentrasi dan pemahaman dalam berdiskusi.

 

Kata Kunci: Think Pair Share, Ekspositori, Kooperatif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriyadi, N., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan

Komunikasi Matematis. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145-152.

Fajriah, N., & Sari, D. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi SPLDV melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas VIII SMP. EDU-MAT, 4(1), 68-75..

Habsah, F. (2017). Developing teaching material based on realistic mathematics andoriented to the mathematical reasoning and mathematical communication. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 43-55. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10199

Ibrahim, M. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA – University Press.

Jatmiko. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think-Pairshare Dengan Modul (TPS-M) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 417-426.

Liberna, H., (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual Dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMKNegeri 41 Jakarta. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 98-108.

Lubis, S. S., (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Matematika Siswa Kelas X SMAN Angkola Selatan. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran),1(2), 123-137.

Marlina, Hajidin, & Ikhsan, M. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share(TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika1(1), 83-95.

Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viii MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 3 (2), 18-25.

Nisa, R., Musdi, E., & Jazwinarti. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23- 28.

Ranti, M. G., (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Strategi Writing To Learn Pada Siswa SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 96-102.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning in elementary schools. Education 3-13, 43(1), 5-14.

Sururoh, M., Setyosari, P., & Subanji, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1499-1506.

Trianto. (2007). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zuraida. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pigur, 1(1), 33-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1229

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>