Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Geometri

Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro

Sari


Abstrak. Guru SD sering kali dituntut untuk dapat mengajar semua mata pelajaran, termasuk matematika. Kurikulum matematika sekolah dasar terdiri atas beberapa topik, salah satunya adalah geometri. Untuk itu, mahasiswa PGSD pun diharapkan dapat menguasai materi ini. Sayangnya cukup banyak mahasiswa PGSD yang mengalami kesulitan dalam mempelajari Geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan mahasiswa PGSD dalam mata kuliah Geometri.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan memakai analisis data Bogdan and Biklen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa PGSD dalam mempelajari geometri mencakup: (1) kesulitan memahami konsep dasar, (2) kesulitan dalam melakukan operasi hitung, (3) kesulitan memahami permasalahan dalam soal yang diberikan, dan (4) ketidaktelitian dalam proses pemecahan masalah. Adapun penyebab kesulitan mahasiswa disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat diklasifikasikan menjadi dua faktor, intern dan ekstern. Faktor intern meliputi: (1) kurangnya minat dalam belajar matematika, (2) kebiasaan belajar yang buruk, dan (3) kesulitan yang pernah dihadapi di bangku sekolah. Sedangkan faktor ekstern meliputi: (1) belum tersedianya buku teks yang sesuai, (2) materi yang dirasa terlalu padat, dan (3) kecepatan dosen saat menyampaikan materi.  Harapan ke depan adalah agar mahasiswa maupun dosen pengajar dapat bekerja sama dengan lebih baik untuk meminimalisir kesulitan yang terjadi. 

 

Kata Kunci. Geometri, Analisis Kesulitan, Mahasiswa PGSD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arthur, YD, Oduro, FT, Boadi, RK. (2014). Statisctical Analysis of Ghanaian Students Attitude and Interest toward Learning Mathematics. International Journal of Education and Research, 2(6), 661-670.

Botty, HMRH, Taha, HZHM, Shahrill, M, Mahadi, MA. (2015). Connecting Students Achievments with Attitudes, The Teachings and Study Habits. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(4), 113-119.

Cerna, M. A. & Pavliushchenko, K. (2015). Influence of Study Habits on Academic Performance of International College Students in Shanghai. Higher Education Studies, 5(4), 42-55.

Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., dan Negara, I. G. A. (2015). Analisis Kesulitan-kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1), 1-12.

Fischer, L., Hilton, J., Robinson, T. J., & Wiley, D. A. (2015). A multi-institutional study of the impact of open textbook adoption on the learning outcomes of post-secondary students. Journal of Computing in Higher Education, 27(3), 159-172.

Harahap, D. H. & Syarifah, R. (2015). Studi kasus kesulitan belajar matematika pada remaja. Jurnal Psikologi, 11(1), 20-30.

Hermuningsih, S., Wardani, K., & Kirana, K. C. (2017). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Variasi Pembelajaran Mata Kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jurnal Manajemen, 7(2), 62-67.

Kereh, C. T., Sabadar, J., & Tjiang, P. C. (2013). Identifikasi kesulitan belajar mahasiswa dalam konten matematika pada materi pendahuluan fisika inti. Proceedings of Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, Fakultas Sains dan Matematika, UKSW Salatiga, 4, pp. 10-17.

Kolb, S. M. (2012). Grounded theory and the constant comparative method: Valid research strategies for educators. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies, 3(1), 83-86.

Kurniawan, F. P., & Hariyanto, V. L. (2017). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 5(5), 1-7.

Lee, Chao & Chen. (2011). The Influences of Interest in Learning and Learning Hours on Learning Outcomes of Vocational College Students in Taiwan: Using a Teacher’s Instructional Attitude as the Moderator. Global Journal of Engineering Education, 13(3), 140-153.

Lestari, A. S. B. (2012). Analisis Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pasuruan Pada Pokok Bahasan Teknik Pengintegralan. Jurnal Psikologi September, 3(1),20-27.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Virginia: NCTM.

Özerem, A. (2012). Misconceptions in Geometry and Suggested Solutions for Seventh Grade Students. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, 1(4), 23-35.

Pramono, N. W. E. (2018). Peran Matematika Dalam Membangun Peradaban Islam (Sebuah Kajian Teoritis). Al-Tadabbur, 3(1), 1-14.

Senjaya, A. J., Sudirman & Suprianto. (2017). Kesulitan-kesulitan Siswa dalam Mempelajari Matematika Pada Materi Garis dan Sudut di SMPN 4 Sindang. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 11-28.

Siahi, E. A. & Maiyo, J. K. (2015). Study of the relationship between study habits and academic achievement of students: A case of Spicer Higher Secondary School, India. International Journal of Educational Administration and Policy Studie, 7(7), 134-141.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutawidjaja, A. & Afgani, J. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Syaodih, E., & Lisnawati, C. (2018). Pendampingan Guru dalam Menemukan dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Mts Miftahulfallah Bandung. EDUCARE, 16(2), 8-11.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1008

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>