DESAIN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI SMA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk membuat desain pembelajaran menulis teks cerpen. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana desain pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media video animasi di SMA dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran tersebut dan mendeskripsikan hasil implementasi. Untuk menyusun desain pembelajaran, penulis menggunakan metode ADDIE. Selanjutnya, desain pembelajaran tersebut divalidasi oleh tiga dosen ahli dan dua guru bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil validasi tersebut, diperoleh nilai sebesar 93 % untuk RPP, 98,57 % untuk media video animasi, dan 87,22 % untuk materi yang terdapat dalam video animasi. Seluruh hasil persentase tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. Artinya, desain pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media video animasi di SMA layak digunakan.
Kata kunci: Desain pembelajaran, teks cerpen, dan video animasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Mahsun. (2013). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media.
Munir, (2015). Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Priyatni, E. T. (2013). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.
Rozak, A & Sobihah, R. (2016). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta: Frame Publishing
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i1.6737
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sekar Suti Mira Ningtyas, Sobihah Rasyad, Elin Rosmaya