EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBANTUAN VIDEO YOUTUBE PADA SISWA KELAS X SMA

Nadilah Nadilah, Elin Rosmaya, Nuning Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mendeskripsikan desain pembelajaran siswa dalam mengkonstruksi teks laporan hasil observasi. Kedua untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengkonstruksi teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Ketiga untuk mengetahui Keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran mengkonstruksi teks laporan hasil observasi berbantuan video youtube pada siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis menggunakan deskripsi dan statistik (uji T menggunakan aplikasi SPSS). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran berbasis masalah dalam mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X di SMA berlangsung efektif diterapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pascates dalam mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pascates menggunakan model inquiri. Berdasarkan perencanaan pembelajaran yang tepat dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas eksperimen termasuk kategori sangat baik (SB). Dengan demikian, proses pembelajaran mengkonstruksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menjadikan siswa aktif dan kreatif selama pembelajaran.

Keywords


Efektivitas; Pembelajaran Berbasis Masalah; Teks Laporan Hasil Observasi; Youtube

References


Abidin, Y. (2013). desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Al-Thabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kotekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). jakarta : Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atika Roudhotul Jannah, I. R. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagam Di Negeriku. Mimbar PGSD Undiksha.

Budiyono, F. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Estetika.

Dina Yesica, D. R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah(Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Basastra.

Dyah Atminingsih, A. W. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha.

Ike Yanuarti Soima, M. S. (2021). Penerapan PBL (problem based learning) Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas X di MA SARJI AR-RASYID. Visipena.

Kosasih. (2016). Jenis-jenis teks dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: PT Yrama Widya.

Maulana, N. (2015). Penggunaan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi dan Berpikir Kritis Siswa SMA. Mendidik.

Mudlofir, A. d. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers. Mulyadi, D. (2016). Intisari tata Bahasa Indonesia untuk SMP dan SMA. Bandung: PT Yrama Widya.

Natalia, D. S. (2017). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha.

Natalia, D. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran . Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Priyatni, E. (2015). Desain pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Askara.

Rusman. (2014). Model-Model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semi, M. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis . Bandung: Angkasa. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Titik, P. d. (2014). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X . Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i1.8713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadilah Nadilah, Elin Rosmaya, Nuning Wahyuni
execute(); ?>