PENGENALAN CERITA RAKYAT CIREBON PADA SISWA SD MELALUI MENDONGENG SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.33603/jt.v9i2.5131Kata Kunci:
Cerita Rakyat Cirebon, Mendongeng, Kearifan LokalAbstrak
Mendongeng merupakan kegiatan bercerita yang biasanya dilakukan oleh orang tua sebagai pengantar anak untuk tidur. Melalui dongeng atau cerita, orang tua menyampaikan pelajaran dan nilai-nilai kehidupan yang terselip dibalik cerita yang disampaikan. Namun, pada kenyataannya saat ini, kegiatan mendongeng sudah tergantikan dengan majunya perkembangan teknologi informasi. Anak-anak lebih menyukai cerita-cerita yang bukan berasal dari daerahnya masing-masing. Padahal kita ketahui banyak sekali cerita rakyat Cirebon yang perlu diketahui oleh anak-anak. Kurangnya pengenalan cerita rakyat pada anak-anak membuat anak tidak mengetahui cerita yang berasal dari daerahnya. Untuk itu perlu diadakan pengenalan lebih mendalam mengenai kegiatan mendongeng cerita rakyat Cirebon sebagai salah satu upaya pelestarian kearifan lokal Cirebon. Dengan adanya pengetahuan ini, diharapkan menumbuhkan rasa bangga, menjaga, dan mampu melestarikan kearifan lokal Cirebon yang dimiliki.
Referensi
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter. Jakarta : Raja Grafindo Persada.Chaedar.A. 2006. Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Utama.
Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia. Jakarta: Grafiti Pers.
Djamaris. 1993. Menggali khazanah sastra melayu klasik. Jakarta: Balai Pustaka.
Gamal.(2013). Koleksi Terbaik 100 plus Dongeng Rakyat Nusantara.Jakarta : Pustaka Makmur.
Rakhmat, Jalaludin. Retorika Modern, Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rostini, D., Fuadi, N., Sutarjo, M., & Fajarianto, O. (2020). The management of teachers competency of islamic religious education to improve learning quality in madrasah aliyah. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I3/PR200914
Sari, P. K., Rostini, D., Fajarianto, O., & Safitri, Y. (2020). The Effect of Social Media on Reading Intensity of Fifth Grade Elementary School Students. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.049
Soekanto dan Soerdjono. 2003. Memperkenalkan Sosiologi. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiarto, Eko. 2015. Mengenal Sastra Lama. Yogyakarta : Andi.
Tim. 2018. Buku Tematik 8 “ Daerah Tempat Tinggalku”. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wahidah, N. I., Mahmudi, M., Fajarianto, O., Fajaryanti, D., & Hanafi, H. (2019). Cooperation between Teacher Guidance and Counseling with Islamic Religious Education Teacher to Provide Service Guidance Counseling. https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.26
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.