ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS SASTRA

Dhearissa Rahma Yashifa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari, dan mendesain bahan ajar teks sastra berupa modul bahasa Indonesia, modul tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar di SMA/SMK khususnya pada materi teks novel. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti memakai pendekatan ini untuk mendeskripsikan kepribadian Pasung Jiwa, tokoh protagonis dalam novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik baca, catat, dan angket. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari dan jurnal artikel terkait. Teknik pengolahan data penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian unsur-unsur intrinsik yang membangun yaitu tokoh dan penokohan, alur, dan latar. Struktur kepribadian tokoh utama dalam penelitian ini menggunakan teori Sigmund Freud yaitu id, ego, dan super ego. Melalui cara tokoh protagonis berpikir dan bertindak untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada dalam cerita dari awal hingga akhir. Bahan ajar modul bahasa Indonesia yang telah dibuat dan divalidasi oleh dosen ahli dan guru ahli, mendapatkan skor total atau presentasenya adalah 90,1%. Dengan demikian, bahan ajar tersebut sangat valid dan layak untuk digunakan peserta didik kelas XII SMA/SMK pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Keywords


Novel Pasung Jiwa; Bahan ajar; Modul

References


Ateeuw, (1988). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: PT Girimukti Pasaka.

Asteka, P. (2018). Kajian psikologi sigmund freud dalam novel setetes embun cinta niyala karya habiburrahman el shirazy. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 8-12.

Febriany, R. (2017). “Abnormalitas dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari.” Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 111-125.

Fitriyani, E. (2017). Aktualisasi Diri Tokoh Sasana Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMA (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).

Hasanah, Ana Nur. (2020) Analisis Struktur dan Nilai Moral pada Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata sebagai Bahan Ajar Teks Sastra. Skripsi. Cirebon. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Madasari, O. (2021). Pasung Jiwa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mustikasari, N. (2018). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar di SMA.

Nuryanti, M., & Sobari, T. (2019). Analisis Kajian Psikologi Sastra Pada Novel “Pulang” Karya Leila S. Chudori. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(4), 501-506.

Okhy Arief Wahyuddin, A. R. (2021). Pengembangan Metode Curah Gagasan dengan Media Facebook Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA NU Juntinyuat. Jurnal Tuturan Vol.10, No,1.Rojak Abdul, Rasyad S. (2016). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Cirebon. Framepublishing

Sugiyono, P. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV.

Yusuf Syamsu LN, M. d. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i2.8922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dhearissa Rahma Yashifa
execute(); ?>