PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA

Penulis

  • Fathia Nabila Zaharani Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia
  • Jimat Susilo Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i2.10848

Kata Kunci:

Perspektif siswa, pembelajaran teks deskripsi, Media pembelajaran, Canva

Abstrak

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh besar terhadap pembuatan media interaktif dalam proses pembelajaran, yang memungkinkan penyampaian materi menjadi lebih menarik dan efektif. Penggunaan teknologi dalam pendidikan tidak hanya memudahkan interaksi yang lebih aktif antara pelajar dan materi, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih individual dan sesuai dengan konteks. Dalam situasi ini, para pendidik perlu dapat menggabungkan teknologi ke dalam proses belajar mengajar, supaya siswa tidak mengalami kebosanan atau kejenuhan selama kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran saat ini lebih beragam, terutama media yang disediakan oleh Canva. Penelitian ini dilakukan untuk memahami pandangan siswa mengenai pembelajaran teks deskripsi yang menggunakan media pembelajaran Canva. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui teknik survei yang mencakup observasi, kuesioner, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari data yang diperoleh dari pengisian kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuisioner melalui platform Google Form kepada para responden. Berdasarkan data yang diperoleh, dilakukan analisis terhadap setiap jawaban yang mencerminkan pandangan siswa mengenai pembelajaran teks deskripsi menggunakan media pembelajaran Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap penggunaan aplikasi digital Canva sebagai alat pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya mengenai teks deskripsi, adalah positif. Sebagian besar responden merasakan bahwa aplikasi Canva merupakan media pembelajaran yang efektif, menarik, dan interaktif, serta mampu meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar. Proses belajar yang membosankan dan dapat membuat siswa kehilangan minat dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi Canva sebagai alat bantu pembelajaran.

Referensi

Kriyantono, R. (2007) Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Mansyur, U. (2016) "Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses," Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), hal. 158-163.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7 Kwangsan, 1(2), 95

Nurrita, T. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah Dan Tarbiyah, 3(1), Juni 2018, 171-187.

Okra. R., & Novera, Y. (2019), Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMPN 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative: Journal of Educational Studies, 4(2), 121.

Pelangi, G. "Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA". Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), Desember 2020, 79- 96.

Rahayu, N. S., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 356.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), hal. 158-163. doi: 10.26858/retorika.v9i2.3806.

Tafonoa, T. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 103-114.

Tika, M. P. (1997) Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-26

Citation Check