PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MENULIS TEKS CERPEN UNTUK SISWA KELAS XI SMA BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK
DOI:
https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i1.10881Kata Kunci:
pembelajaran berbasis masalah, teks cerpen, media film pendekAbstrak
Pembelajaran menulis teks cerpen masih mengalami berbagai kendala dalam proses pembelajarannya. Tujuan dalam penelitian ini (1) mendapatkan data aktivitas siswa kelas XI SMA dalam pembelajaran teks cerpen dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media film pendek; (2) memperoleh data tingkat efektif penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media film pendek; (3) mendeskripsikan profil tulisan teks cerpen siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Cirebon dengan menerapkan teknik sampling purposive yang terbagi dalam dua kelompok kelas.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, kemudian teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan uji t-test separated varian. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa berjalan dengan sangat baik dengan keaktifan siswa pada tiap aspek kegiatan pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media film pendek efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerpen kelas XI SMA, terlihat dari peningkatan nilai tes kelas eksperimen sebesar 13,77. Hasil pengujian uji t-test juga menunjukkan thitung = 4,46 > ttabel = 2,9. Kemudian hasil analisis tulisan siswa menunjukkan hasil yang cukup baik dalam menulis teks cerpen sesuai dengan kelengkapan aspek struktur, unsur dan kaidah kebahasaan
Referensi
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1), 1-5.
Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Imple-mentasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenadamedia Group.
Fatah, M. R. (2021). Psikoanalisis Tokoh Ongen Dalam Film Pendek Cahaya Tanpa Pelita. Jurnal Purnama Berazam, 3(1), 31-35.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rusman. (2016). Model-Model Pem-belajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rusydiyah, E. F. (2020). Media Pembelajaran Problem-Based Learning. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Sadouw, dkk. (2018). Film Pendek Animasi 3 Dimensi Sejarah Masuknya Injil di Galela. Jurnal Teknik Informatika, 13(1).
Saputri, D. M., dkk. (2022, July). Analisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis dalam teks cerita pendek (cerpen) karya peserta didik kelas IX A SMPN 13 Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022. In SHAMBHASANA: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Vol. 1, No. 1, pp. 152-165).
Saragih, A. (2019). Pembelajaran Bahasa berbasis teks dalam kurikulum 2013. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 14(2), 197-214.
Setiawan, A. D., & Bezaleel, M. (2019). Perancangan film pendek" Bukan Hak-Ku" untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia 8-12 tahun. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 127-140.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Saadah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran KTRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan SMP Padangratu. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2).
Widayati, S. (2020). Buku Ajar Kajian Prosa Fiksi. Sulawesi Tenggara: LPPM Uni-versitas Muhammadiyah Buton Press.
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan konteks-tual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Gofarudin Gofarudin, Juwanda Juwanda, Jimat Susilo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.