PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN TEKS ULASAN DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i2.10847Kata Kunci:
Penerapan model pembelajaran kontekstual, video, menulis teks ulasanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan siswa kelas VIII dalam proses belajar teks ulasan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual yang disertai media video, serta untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran kontekstual yang menggunakan media video dalam pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen yang bersifat semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 7 yang terletak di Kota Cirebon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menunjukkan tingkat keaktifan, antusiasme, serta kemampuan mengingat informasi dari teks ulasan dengan penerapan model pembelajaran kontekstual yang didukung oleh media video. Hal ini berkontribusi dalam membentuk perilaku tanggung jawab, produktivitas, kerja sama, serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dengan menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, hasil perhitungan uji-t thitung dan ttabel menunjukkan bahwa penerapan model kontekstual serta penggunaan media video yang dilakukan oleh penulis pada kelas percobaan adalah efektif. Hal ini sesuai dengan perhitungan yang dilakukan, di mana nilai thitung lebih besar daripada ttabel. Data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual yang menggunakan media video dapat mendorong siswa untuk lebih aktif, sehingga menumbuhkan sikap tanggung jawab, produktivitas, kerja sama, serta menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari..
Referensi
Anna, H. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Multibudaya. Dalam Jurnal Al-Ta’dib, Volume 9, Nomor 2, 2016.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Komalasari, Y., dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VII di Kabupaten Bandung Barat. Dalam Jurnal Cendikia:Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, hlm. 187-196, 2019.
Mulyasa, H, E. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, E. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Cakrawala Pendas, Volume 3, Nomor 1, Januari 2017.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Adinda Aulia, Sobihah Rasyad, Juwanda Juwanda

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.