BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK BERBASIS DIGITAL UNTUK SMA

Galih Ahmad Dinata, Abdul Rozak, Tri Pujiatna, Sobihah Rasyad

Abstract


Cerita pendek merupakan salah satu teks digunakan sebagai bahan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar teks cerita pendek berbasis digital untuk SMA. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, (1) bagaimana bahan ajar teks cerita pendek berbasis digital untuk SMA, dan (2) bagaimana implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Setelah bahan ajar  disusun, selanjutnya bahan ajar tersebut divalidasi oleh 2 orang  dosen ahli bahasa Indonesia dan 3 orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil dari validasi tersebut diperoleh nilai 84,8 %. Selain menempuh tahap validasi, bahan ajar tersebut juga diimplementasikan pada siswa kelas XI SMA dengan menyebarkan angket. Hal itu dilakukan untuk mengetahui respons siswa terhadap bahan ajar. Hasil dari implementasi tersebut memperoleh nilai 89 %. Presentase tersebut menunjukkan kriteria valid. Dengan demikian, bahan ajar teks cerita pendek berbasis digital layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


Bahan ajar digital, Cerita Pendek, Unsur Pembangun

References


Ahmadi, H. P, Suryati & Yusran K. (2018). Pengembangan Modul Contextual Teaching And Learning (CTL) Berorientasi Green Chemistry untuk Pertumbuhan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia “Hygrogen”, 78-79.

Fahrurrozi, Muh., & Mohzana (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoritis dan Praktik. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Restiyowati, I., & Sanjaya, I, M. (2012). Pengembangan E-book Interaktif pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 131.

Rozak, A., & Rasyad , S. (2016). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta: Framepublishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Supandi, A. (2013). Simulasi Digital Buku Digital. Jakarta: Guruvalah.

Ubaidil, Ade. (2019). Pulang Melepas Dada. Yogyakarta: Basabasi.

Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Printing & Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i1.8720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Galih Ahmad Dinata, Abdul Rozak, Tri Pujiatna, Sobihah Rasyad
execute(); ?>