PENGUATAN ASPEK KREATIVITAS MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MODEL BERBASIS PROYEK

Alwi Alwi, Abdul Rozak, Rochanda Wiradinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain pembelajaran menulis teks narasi dan penguatan aspek kreativitas dengan menggunakan model berbasis proyek pada siswa kelas VII MTs Ma’had Al-Zaytun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Design Based Research (DBR). Metode pengumpulan data berupa hasil observasi pada aktivitas guru dalam setiap aspek desain pembelajaran berbasis proyek yaitu penentuan proyek, perencanaan langkah-langkah penentuan proyek, penyusunan jadwal pelaksaan proyek, penyelesaian proyek, penyusunan laporan dan presentasi, evaluasi proses dan hasil proyek. Lembar observasi aktivitas siswa pada aspek kreativitas yaitu keluwesan, kelancaran, elaborasi, keaslian. Penguatan kreativitas dari hasil karya siswa berupa membuat cerita imajinasi, pada aspek kreativitas pengembangan tulisan, keruntutan kronologi, struktur alur, pilihan kata (diksi) dan penggunaan ejaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran dengan model berbasis proyek dari hasil observasi aktivitas guru memperoleh persentase skor 92% yang masuk dalam kategori sangat baik. Data observasi siswa dari 30 siswa, 27% kategori kreativitas sedang dan 73% kategori kreativitas tinggi, dengan nilai rata-rata persentase kreativitas adalah 74%, masuk kategori kreativitas baik. Berdasarkan data dari karya siswa berupa teks narasi imajinasi bahwa kreativitas penilaian menulis narasi imajinasi dapat diketahui kemampuan siswa, terlihat nilai rata-rata persentase kreativitas adalah 83%,  semua siswa mendapat nilai 73 ke atas. Nilai ini termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa kategori kreativitas belajar siswa tinggi terhadap pembelajaran menulis teks narasi dengan menggunakan model berbasis proyek.

Keywords


kreativitas; narasi; proyek; MTs

References


Abdallah, M. M. S. (2011). Web-based new literacies and EFL curriculum design in teacher education: A design study for expanding EFL student teachers’ language-related literacy practices in an Egyptian pre-service teacher education programme.PhD Thesis. Graduate School of Education, College of Social Sciences and International Studies, University of Exeter, UK

Abidin , Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

J Susilo, (2017). PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK SISWA SMK, Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4 (2)

Lidinillah, D.A.M., (2012). Design Research Sebagai Model Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya : Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Nurgiyantoro, Burhan. (2016) Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFI.

Rozak Abdul, Juwanda, (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Kelas VII SMP, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1) Januari 2020

Rozak, Abdul (2013). MENULIS DI ANTARA KEHARUSAN DAN AKTUALISASI DIRI DALAM KOMUNITAS PENDIDIK. Makalah disampaikan pada Loka Karya Penelitian Tindakan Kelas MGPM Bahasa Indonesia di Kabupaten Cirebon, 4 Februari 2013

Rozak. Abdul & Rasyad. Sobihah. (2016). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. DI Yogyakarta:Framepublishing.

R Munawaroh, B Subali, A Sopyan, (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa smp. UPEJ Unnes Physics Education Journal 1 (1).

Saefuddin, H.A. (2016). Pembelajarana Efektif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v10i1.5227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alwi Alwi, Abdul Rozak, Rochanda Wiradinata
execute(); ?>