PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP BERORIENTASI PADA KECERDASAN LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI SMP/MTS

Abdul Rozak, Tarsono Tarsono

Abstract


Penelitian ini mengenai pengembangan model pencapaian konsep berorientasi pada kecerdasan linguistik dalam pembelajaran teks eksposisi di SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan model pencapaian konsep berorientasi pada kecerdasan linguistik dalam pembelajaran teks eksposisi di SMP/MTs, mendeskripsikan implementasi model pencapaian konsep berorientasi pada kecerdasan linguistik dalam pembelajaran teks eksposisi di SMP/MTs, mendeskripsikan profil kemampuan menulis teks eksposisi siswa, dan mendeskripsikan  efektivitas model pencapaian konsep berorientasi pada kecerdasan linguistik dalam pembelajaran teks eksposisi di SMP/MTs. Pengembangan dilakukan melalui studi pendahuluan (studi kepustakaan, survai lapangan, dan penyusunan produk awal), pengembangan model (analisis, desain, pengembangan, implementasi, penilaian), dan uji coba model kepada kelas eksperimen. Produk penelitian ini berupa rancangan model pencapaian konsep berorientasi pada kecerdasan linguistik. Produk divalidasi ahli model pembelajaran serta diuji terbatas pada siswa kelas VIII MTs Negeri Widasari Indramayu. Pengembangan model pembelajaran pencapaian konsep berorientasi pada kecerdasan linguistik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, didasarkan pada kajian yuridis, kajian empiris dan kajian teoretis. Sintaks dari model ini terdiri dari 5 tahap, yaitu : (1) strategi diskusi (memahami teks eksposisi); (2) penyajian data dan identifikasi konsep; (3) pengujian pencapaian konsep; (4) strategi wawancara, menulis informasi, mengunjungi perpustakaan dan internet, serta menulis laporan (menulis teks eksposisi); dan (5) analisis strategi-strategi berpikir.  Uji coba pada  siswa dengan model pencapaian konsep berorientasi pada kecerdasan linguistik dalam pembelajaran teks eksposisi membuktikan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan  efektif digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi.

Keywords


Model Pencapaian Konsep, Kecerdasan Linguistik, Pembelajaran Teks Eksposisi

References


A. Chaedar Alwasilah, Senny Suzanna Alwasilah. (2013). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Amstrong, T. (2013). Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bruce Joyce, Marsha Weil, & Emily Calhoun. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chatib, M. (2016) Gurunya Manusia. Bandung:Kaifa.

Linda Campbell, Bruce Campbell, & Dee Dickinson. (2002). Multiple Intelligences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan . Penerjemah: Tim Inisiasi. Depok: Inisiasi Press.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo.

Gunawan, A. W. (2011). Born to Be a Genius. Jakarta: Gramedia.

Harsumi, H. (2013). Penerapan Model Perolehan Konsep dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 7 Palembang. Jurnal FKIP.

Kemendikbud. (2014). Kurikulum 2013 pada SMP dan MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Kusmana, S. (2014). Kreativitas menulis. Yogyakarta: Ombak.

Lunenburg, Fred C. dan Melody R. Lunenburg. Applying Multiple Intelligences in the Classroom: A Fresh Look at Teaching Writing. International Journal Of Scholarly Academic Intellectual Diversity, Volume 16, Number 1, 2014. Gardner

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo.

Martala Sari, Jely Apriani. (2014). Pengaruh Model Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Konsep Sistem Pernapasan. Bio Lecture, 2 (1).

Paul Eggen, Don Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengejar Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Priyatni, T. E. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rather, A.R. (2008). Essentials of Instructional Technology. New Delhi: Discovery Publishing House.

Ridwan, R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII J SMPN 4 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (1).

Setiarini, I. W. (2013). Cakap Berbahasa Indonesia untuk Kelas X SMA. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan.

Singh, Y.K. (2007). Instuctional Technology In Education. New Delhi: APH Publisihing Corporation.

Suan, Wei Hui dan Sulaiman, Tajularipin. Multiple Intelligences in Japanese Language Learning. The International Journal of Learning. Volume 16, Number 7, 2009.

Sukmadinata, N.S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Suparno, Mohamad Yunus. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2015). Desain Strategi Pembelajaran untuk Mengembangkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Peserta Didik. Aladuna, Vol. 2 No.1 Juni 2015.

Y.K Singh, T.K Sharma, Brijesh Upadhya. (2008). Educational Technology; Teaching Learning. New Delhi:APH Publisihing Corporation.

Zainurrahman. (2013). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i1.1697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Tuturan
execute(); ?>