PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SMP MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER TEMPAT WISATA DAN KULINER KHAS CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v14i1.10888Kata Kunci:
Menulis, teks, deskripsi, film dokumenterAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah minimnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran di kelas, terutama dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi di kalangan siswa kelas IX melalui penggunaan media film dokumenter yang berkaitan dengan tempat wisata dan kuliner khas Cirebon. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 12 Kota Cirebon yang berjumlah 32 siswa, terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Temuan dari penelitian mengindikasikan bahwa keterampilan peserta didik dalam menyusun teks deskripsi mengalami peningkatan pada siklus 1, di mana 10 peserta didik atau 31% memiliki nilai di bawah KKM, 17 peserta didik atau 53% memperoleh nilai sesuai dengan standar KKM, dan 5 peserta didik atau 16% mendapatkan nilai yang melebihi KKM. Dalam siklus kedua, terdapat peningkatan kemampuan peserta didik secara keseluruhan. Seluruh peserta didik telah mencapai nilai yang setara atau lebih tinggi dari KKM. Sebanyak 19 siswa atau 59% berhasil meraih nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 13 siswa atau 41% memperoleh nilai yang setara dengan standar KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media film dokumenter dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IX di SMP Negeri 12 Kota Cirebon untuk tahun ajaran 2024/2025.
Referensi
Akdon dan Ridwan, 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S., Supardi, dan Suhardjono. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman. 2014. Kemampuan Menuli. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah beserta contoh- contohnya. Yogyakarta: Gava Media.
Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia
Rikarno, Riki. 2015. “Film Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Siswa”, Jurnal Ekspresi Seni, Volume 17, Nomor 1.
Sero, Maria Magdalena. 2016. Penggunaan penggunaan media audio melalui film dokumenter terhadap pemahaman konsep matematika. JKPM, Vol.01, No. 02, hlm. 279-289.
Setiawan Taufik Yuliana, Ramadhian Agus Triono. 2015. “Pembuatan Film Dokumenter Bukan Gengster Melalui Implementasi Teknik Pengambilan Gambar dan Teknik Editing pada Komunitas Motor Sobbisco Karanganyar”, Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Volume 7, Nomor 1.
Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Taragana, Bhima. 2015. Meme Machine (Sebuah Video Dokumenter tentang Kemampuan Manusia dalam Replikasi).
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Farras Putera Pamungkas, Jimat Susilo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.