ANALISIS PENGARUH KONFLIK TERHADAP PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA AGNES DALAM NOVEL MY IDIOT BROTHER KARYA AGNES DAVONA

Fadillah Altha Nafi Bilqis, Ira Rahayu, Nuning Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan dan bertujuan untuk mengetahui lebih dalam kepribadian Angel dan pengaruh konflik yang dialaminya sebagai tokoh utama dalam novel My Idiot Brother karya Agnes Davonar. Penelitian ini menggunakan teori psikoanalisis Sigmud Freud dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa alur cerita dalam novel, yaitu novel My Idiot Brother karya Agnes Davonar. Kemudian data dalam penelitian ini berupa paragraf-paragraf yang menunjukan aktivitas, perbuatan dan perilaku tokoh yang terdapat dalam novel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kartu data. Teknik pengumpulan data dengan cara membaca, mencatat, dan memahami suatu kondisi kepribadian tokoh utama dalam novel tersebut. Teknik yang digunakan peneliti untuk menganalisis data adalah teknik analitis dengan pendekatan psikolog. Hasil penelitian ini yaitu (1) kepribadian tokoh utama Angel meliputi; Id (berani, ketus, pemalas, pelupa, sabar, egois, penyayang), Ego (pemarah, angkuh, kekanak-kanakan, tidak percaya diri), Superego (pemaaf dan pembohong). (2) pengaruh konflik yang dialami tokoh utama meliputi; konflik internal (pertentangan batin, amarah yang terpendam, kesedihan, dan emosi terpendam), konflik eksternal (Penindasan, perundungan, perkelahian, dan pengroyokan).

Keywords


Kepribadian, Konflik, Novel

References


Fadhilah, A. (2019). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Joshua Zani Dalam Novel Leona Karya Zarry Hendrik:Kajian Psikologi Sastra. Medan.

Fadhilah, A. (2019). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Joshua Zani Dalam Novel Leona Karya Zarry Hendrik. Kajian Psikologi Sastra.

Lando, V. A. (2015). Analisis Kepribadian Tokoh Bima dalam Novel Versus Karya Robin Wijaya, Sebuah Kajian Psikologisastra dan Relevansinya terhadap Pembelajaran di SMA. Yogyakarta.

Lusiana, D. (2019). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye: Analisis Psikologi Sastra. Medan.

Mawarni, N. P. (2020). Konflik Sosial Tokoh Utama dalam Novel Perempuan Bersampur Merah Karya Intan Andaru (Kajian Sosiologi Sastra). Malang.

Nurbaiti, J, F. (2018). Konflik Sosial Dalam Novel Gadis Bima Karya Arif Rahman (Pendekatan Sosiologi Sastra Wellek&Werren). UNM.

Nurmalasari, I. (2013). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta Didik Kompetensi Keahlian Administrasi Perkatoran Di Smk Negeri 1 Jogonalan Klaten. Dalam Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Yogyakarta.

Retnaningsih, S. (2010). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Midah Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer: Tinjauan Psikologi Sastra. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i1.8718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fadillah Altha Nafi Bilqis, Ira Rahayu, Nuning Wahyuningsih
execute(); ?>