KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i2.10849Kata Kunci:
Kesulitan Belajar, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tantangan yang dihadapi oleh peserta katagori belajar X dalam memahami bahasa Indonesia serta langkah-langkah untuk mengatasinya. Sumber data dalam observasi ini terdiri dari karagori belajar X -1 SMA Negeri 2 Majalengka, pengajar mata pelajaran bahasa Indonesia dan orang tua peserta katagori belajar X. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa masalah memahami peserta karagori X dalam pembelajaran bahasa Indonesia terkait dengan kondisi internal yaitu peserta enggan bertanya kepada tenaga pengajar selama proses memahami dan kurangnya bakat dalam pembelajaran bahasa. Sedangkan kondisi eksternal mencakup kurangnya perhatian orang tua terhadap nilai-nilai akademis peserta dan waktu memahami yang tersedia. Oleh karena itu, langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi masalah memahami berdasarkan kondisi internal adalah peserta harus berani bertanya kepada tenaga pengajar selama pembelajaran berlangsung dan tenaga pengajar perlu memberi penjelasan yang jelas untuk memahami materi. Untuk kondisi eksternal, orang tua dapat membantu mendukung kegiatan memahami di rumah, peserta harus memanfaatkan fasilitas yang disediakan orang tua dan tenaga pengajar dapat mendorong dengan meminta tandatangan orang tua pada tugas-tugas peserta yang telah dinilai.
Referensi
Darumiarsi, F. Z. & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 UPTD Keleyan 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Memenuhi Kebutuhan
Pembelajaran Abad 21. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 10(1), 1-10.
Indriyani, I., Kurnia, M. D. & Jaja. (2022). Pemanfaatan Mocrosoft PowerPoint dalam Membuat E-book untuk Mendukung Pembelajaran di Era 5.0. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 1(2), 89-96.
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Pendidikan: Teoir dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jaja, Rahayu, S. & Pujiatna, T. (2021). Bahan Ajar Teks Prosedur Beroroentasi Kebudayaan Lokal. Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 290-304.
Liliani, Adam, Asrul & Arfin. (2020). Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Psikologi Belajar Di Sma Negeri 3 Kendari. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(3), 1-11.
Lusiana & Hutahaean, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sesuai Kurikulum 2013 di SMP Santo Thomas 3 Medan. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(2), 96-108.
Magdalena, I., Shafani, H. T., & Ramadhani, V. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Dukuh 3. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 358-367.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. (Cetakan 2014) Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI- Press).
Mutoharoh, T., Kurnia, M. D., Jaja & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Youtube untuk Media Pembelajan. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 1(2), 97-102.
Nani & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Jurnal of Educational Review and Research, 2(1), 55-62.
Nurmaliah, S. & Nursyamsiah, N. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-
KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Putikadyanto, A. P. A., Efendi, A. N., Romadhon, S., Amin, M. B., & Sefrianah, N. A. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Daring di SMAN 1 Pasuruan. GHÂNCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Special Edition: Lalonget II, 104-116.
Rachmawati, T. & Daryanto. (2015). Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Setyadharma, A. & Jaja. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis HOTS dalam Teks Eksplanasi di SMA. Jurnal Tuturan, 10(2), 108-116.
Subini, N. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-27. Bandung: CV alfabeta.
Suherli, Suryaman, M., Septiaji, S. & Istiqamah. (2016). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. (Cetakan Ke-3). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Widiastuty, N. E. (2022). Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 1 Bintan. Jermal Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 255-263.
Wiguno, P. S., Kusmana, S., Wilsa, J. & Al’ Aiman, M. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Surat Untuk Smp Dari Surat-Surat Di Lingkungan Siswa. Jurnal Tuturan, 10(1), 62-73.
Wulandari, M., Harjono, H. S. & Suwardi, I. (2022). Persepsi Siswa Smp Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(2), 24-38.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mita Putri Purnamasari, Jaja Jaja, Ira Rahayu

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.