PENERAPAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS MEDIA CANVA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI MTs ARIFIN BILLAH TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v14i1.10892Kata Kunci:
Investigasi Kelompok, Teks Deskripsi, Media CanvaAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi aktivitas pembelajaran menulis teks deskriptif melalui metode investigasi kelompok yang memanfaatkan media Canva bagi peserta didik kelas VII MTs Arifin Billah tahun ajaran 2022/2023. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan menulis teks deskriptif peserta didik kelas VII MTs Arifin Billah pada tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan metode investigasi kelompok berbasis media Canva. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan penerapan metode investigasi kelompok berbasis media Canva dalam pembelajaran peserta didik kelas VII di MTs Arifin Billah para tahun ajaran 2022/2023. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah eksperimen (quasi-eksperimental) dengan menggunakan pendekatan yang berbasis kuantitatif. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain kelompok kontrol yang tidak setara. Dalam penelitian ini, peneliti memilih kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara tidak acak. Kedua kelompok tersebut akan menerima prestest dan posttest. Sampel yang digunakan dalam studi ini terdiri dari siswa kelas VII B, yang berfungsi sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 20 siswa, dan siswa kelas VII A, yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 20 siswa. Sampel ini diambil berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan pengajar bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa kelompok tersebut menunjukkan prestasi dengan nilai rata-rata yang rendah. Kedua kelompok tersebut ditentukan untuk mewakili populasi siswa yang akan dijadikan objek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penggunaan tes tertulis dan pengamatan. Dari hasil tes tertulis yang telah diperoleh, selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap kegiatan siswa dalam proses pembelajaran menulis teks deskripsi, telah ditemukan bahwa telah terjadi interaksi antara siswa selama kegiatan menulis teks deskripsi. Selain itu, kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs Arifin Billah tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan metode investigasi kelompok yang berbasis media Canva telah menunjukkan hasil yang sangat baik serta terdapat peningkatan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir.
Referensi
Agustinalia Irma (2022). Mengenal dan Memahami Jenis-Jenis Teks. Sukoharjo: CV Graha Pintama Selaras.
Ainun Hartina (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dalam Bahasa Bugis Melalui Media Lingkungan Siswa Kelas Vii. 4 Smpn 1 Watansoppeng (Doctoral Dissertation, Universitya Negeri Makassar).
Defitri Wahyuni, A., Muhsinin, U., & Fatmawati, K. (2020). Penerapan Metode Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar 116/Iv Kota Baru: (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Dr. Octavia Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Dwihartanto, Y., Suryanto, E., & Andayani, A. (2016). Penerapan Metode Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi. Paedagogia, 19(2), 128-144.
Fahminnansih, F., dan Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51-58.
Fatimah, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Deskripsi Secara Tertulis Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Mind Map (Peta Pikiran) dengan Media Foto Pada Siswa Kelas VII C SMP NI Gabus Kabupaten Pati: Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Fidia Astuti Melisa P. B. S. I. (2021). Pengembangan Poster Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Kretek Kabupaten Bantul: Pbsi, Universitas Pgri Yogyakarta.
Fitragisyela, O. (2022). Proposal Penelitian" Pengaruh Minat Baca Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 30 Padang".
Fitrianita Deta, F. (2017). Korelasi Keterampilan Memahami Teks Deskripsi Dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 15 Padang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 102-109.
Joyce Bruce dan Weil Marsha. (2016) Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyatiningsih Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mulyadi Yadi dan Andriyani Ani. (2022). Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 7. Bandung: Yrama Widya.
Purwaningsih, M. D. (2012). Penerapan Metode Investigasi Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tumpukan Kabupaten Klaten: Tahun 2011/2012.
Santa, H. (2019). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar: (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Sahbiani, S., & Saleh, M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Media Gambar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa: (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Sarawati. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Berita Menggunakan Model Pembelajaran Investigasi Pada Siswa Kelas VIII MTS Yapis Palembang Kabupaten Kepulauan Selayar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Salihati, A. D. (2012). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 145478.
Septarianti, A. A. D. P., Wulandari, I. G. A. A., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Gambar Berseri Berbasis Menulis Imajinatif Pada Keterampilan Menulis Cerita Muatan Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd No. 1 Kerobokan: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 144-159.
Subarna Rakhma. (2021). Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan Kebudayaan Reset dan Teknologi.
Octaviano Angga Dwi (2019). Penggunaan Google Earth Melalui Model Pembelajaran Metode Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Bentang Alam.Kalimantan Selatan: SMK Negeri 1 Binuang.
Tukiran Taniredja, dkk,. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Hal 75.
Widodo Mulyanto. (2016). Investigasi Kelompok Prototipe Pembelajaran Menulis Akademik. Media Akademi.
Yumisnaini, Y. (2012). Efektivitas Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) terhadap Keterampilan Menulis Artikel Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Basastra, 1(3).
Udewo, S. H., & Erdansyah, F. (2022). Analisis Kelemahan Hasil Karya Gambar Poster Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan TA 2019/2020 Berdasarkan Gambar, Tipografi, dan Warna. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 78-89.
Rahmatia, dkk,. (2020). Model Pembelajaran Investigasi Kelompok. Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Amalia Rezky Ks. (2019). Penerapan Model Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Menyusun Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Kersana Brebes. 59.
Sudewo, S. H., & Erdansyah, F. (2022). Analisis Kelemahan Hasil Karya Gambar Poster Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan TA 2019/2020 Berdasarkan Gambar, Tipografi, dan Warna. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 78-89.
Yunita Sari. (2018). Penerapan Metode Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri1 Kota Cirebon.
Juliyanti, R., & Suryani, L. (2018). Pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan metode discovery learning pada siswa kelas x. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 7.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. (Jakarta: Tim Prestasi Pustaka, 2007:9)
Istarani. (2014). Model pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada, 58.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurul Faradillah, Mira Nuryanti, Elin Rosmaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.