DESAIN MEDIA LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERPEN DI MTS MA’HAD AL ZAYTUN
DOI:
https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v13i1.10880Kata Kunci:
Media literasi digital, teks cerpen, aplikasi canvaAbstrak
Penggunaan media literasi digital dengan aplikasi canva dalam metode belajar dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah merancang media literasi digital dalam pembelajaran teks cerpen, mendeskripsikan hasil pengembangan dan implementasi media literasi digital dalam pembelajaran teks cerpen di MTs Ma’had Al Zaytun, mendeskripsikan rancangan produk akhir media literasi digital dalam pembelajaranteks cerpen di MTs Ma’had Al Zaytun. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model desain yang merujuk pada pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner angket. Kuesioner angket ini berupa angket validasi ahli dan guru bahasa Indonesia kelas 9 serta angket respon siswa sebanyak 96 siswa. Setelah data diperoleh peneliti mengembangkan menggunakan ADDIE. Hasil validasi oleh ahli media yakni 91,66%, hasil validasi ahli materi yakni 88,33% dan hasil validasi oleh guru bahasa Indonesia 86,66% yang ketiganya dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan. Kemudian, hasil respon siswa pada uji coba terbatas di kelas 9 N 01 rata-rata 77,81% dikategorikan praktis digunakan. Hasil respon siswa pada uji cobameluas di kelas 9 R 01 rata-rata 78,28% dan di kelas 9 N 02 rata-rata 80.72% yang keduanya dikategorikan praktis digunakan dalam pembelajaran teks cerpen. Media literasi digital menggunakan aplikasi canva terbukti layak digunakan dalam pembelajaran, terlihat dari hasil pengembangan dan implementasi yang sudah dilaksanakan.
Referensi
Aziz, A. (2017). Peningkatan Mutu Pendidikan. Pancawahana Jurnal Studi Islam, 10, 2.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi. Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional.2, hal. 94. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional.
Harjono, H. S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(Vol. 8 No. 1 (2018): Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra), 3. Dipetik 5 24, 2023.
Iswatiningsih, D., Fauzan, F., Dluhayati, D., & Lestari, Y. K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Diglosia jurnal Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusastraan Indonesia, Vol 5, No 1, 154.
Nurwahidah, S. F., & dkk. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Estafet Writting. PAROLE : JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, Volume 3 Nomor 5, 806.
Ramli, D. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Antasari Pers Banjarmasin 2012. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Awaliah Rahmah, Mira Nuryanti, Andi Sutisno

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© oleh Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Tuturan. Artikel ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.