Peningkatan Daya Ingat Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran True Or False Pada Pembelajaran Tematik Kelas III MI Nurul Huda Cigentur

Dila Nurlaila Zannah, Asis Saefuddin, Alvin Yanuar Rahman

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan daya ingat peserta didik setelah proses pembelajaran tematik menggunakan strategi pembelajaran true or false kelas III MI Nurul Huda Cigentur. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen tipe one group peretst and posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan tes uraian pretest dan posttest. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif yang kemudian diolah dengan uji statistik. Berdasarkan hasil penelitian pada peserta didik kelas III MI Nurul Huda Cigentur yang telah dilaksanakan, 96% peserta didik dapat menerima materi yang dibelajarkan. Hasil pretest didapatkan nilai rata-rata sebesar 42,65, hal ini menunjukkan kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai materi yang akan dibelajarkan sementara hasil posttest mendapatkan nilai rata-rata sebesar 79,12 menunjukkan peserta didik memiliki pengetahuan materi yang baik. Hasil analisis N-Gain menunjukkan peserta didikĀ  memperoleh peningkatan daya ingat sejumlah 66,94 % yang berarti peningkatan daya ingat peserta didik yang telah mengikuti pembelajaran tematik menggunakan strategi pembelajaran true or false dikategorikan sedang.

Kata kunci: Daya ingat, Strategi Pembelajaran True or False, Pembelajaran Tematik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anitah. (2012). Media Pembelajaran. Surakarta.

Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rahayu, Y. N. (2018). Statistika pendidikan. Bandung.

Rahman, A. (2012). Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Ditinjau dari Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Karakter Peserta didik SMP. Jurnal UNY.

Silberman, M. (2017). Active Learning 101 Cara Peserta Didik Belajar Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sugiono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABETA.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) . Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3251

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>