PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS SURAT UNTUK SMP DARI SURAT – SURAT DI LINGKUNGAN SISWA

Panji Setyo Wiguno, Suherli Kusmana, Jaja Wilsa, Maman Noer Al’Aiman

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar teks surat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs berdasarkan Kurikulum 2013. Banyak teks surat pribadi dan surat dari instansi di daerah tempat tinggal siswa yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan bahan ajar teks surat tersebut. Untuk mencapai tujuan ini digunakan metode penelitian Research and Development dengan tahap penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (model ADDIE). Dari penelitian ini dihasilkan bahan ajar yang memenuhi kriteria sebagai bahan ajar yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Dari pengukuran validasi bahan ajar oleh ahli berdasarkan penilaian terhadap komponen isi/materi, penyajian, bahasa, dan grafika diketahui tingkat kelayakan buku ajar termasuk ke dalam kategori Sangat Layak. Demikian pula penilaian dari guru bidang studi terhadap komponen tersebut termasuk ke dalam kategori Sangat Layak. Berdasarkan implementasi penggunaan bahan ajar tersebut diketahui sangat efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Keefektifan tersebut dapat ditunjukkan dari hasil pengukuran pada kelas eksperimen yang lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa bahan ajar “Teks Surat” yang dikembangkan berdasarkan teks surat pribadi dan teks surat dinas asal instansi di Kabupaten Brebes sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kepada siswa SMP di Kabupaten Brebes Jawa Tengah.


Keywords


pengembangan bahan ajar; teks surat

References


Aldoobi, N. (2015) ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research. Vol. 5, No. 6; December 2015.

Arifin, Z. (2004). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta: Akademika Pressindo

Bhirawa, T. L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mengenai Teks Surat Dinas Berorientasi Pendekatan Saintifik Di Kelas VII. BAPALA, 5(1). 1-20

Gagné, R. M., & Glaser, R. (1987). Foundations in Learning Research. Instructional Technology: Foundations, 49-83.

Kemdikbud. (2013). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Kemdikbud.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kusmana, S. (2016). Orientasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam

Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional. ISBN: 978-602-17348-6-5 Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Ahmad Dahlan.

Kusmana, S. Kuntarto. E. Boeriswati, E. dan Suhartono. (2019) Cerdas Berbahasa; Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Yrama Widya.

Kusmana, S. Jaja W. Astiwaty. (2020) Development of Poetry Teaching Material Based on Creative Process. International Journal of Indonesian Education and Teaching (IJIET). Vol. 4 No. 1 Januari 2020. DOI: https://doi.org/10.24071/ijiet.2020.040113

Lestari, L.T. (2014) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Surat Dinas Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Alilis Surmatingniting untuk Siswa SMPN I Paciran Kabupaten Lamongan. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang

Mintowati, M. (2003). Membaca. Jakarta: Depdiknas.

Nurkholis, H., & Mafrukhi. (2007). Saya Senang Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Owon, R. A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka bagi Siswa SMP. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Vol. 3(1), 528-541.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Buku Teks Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rahayu, G.R. (2019) Analisis Kesalahan Surat Dinas Desa Bojongsawah Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP. Bahastra. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4, No. 1, September 2019. Sukabumi: PBSI Universitas Muhamadiyah.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat.

Semi, M. A. (2008). Terampil Menulis Surat. Bandung: Titian Ilmu.

Semi, M. A. (2013). Terampil Membuat Buku Harian dan Surat Pribadi. Bandung: Titian Ilmu.

Septariyanto, T.W. dan Subyantoro. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Yang Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Seloka Vol. 5 Nomor 2 November 2016. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v10i1.5238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Panji Setyo Wiguno, Suherli Kusmana, Jaja Wilsa, Maman Noer Al’Aiman
execute(); ?>