PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Nani Suryaningsih, Suherli Kusmana

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan bahan ajar karya tulis ilmiah berbasis pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan dengan mengacu pada 3 tahapan yaitu tahap studi pendahuluan, tahap studi pengembangan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini mengambil data hasil kajian jurnal ilmiah dan karya tulis ilmiah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 2 Kuningan semester genap tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian tersebut menghasilkan bahan ajar karya tulis ilmiah berbasis pendekatan konstruktivisme di SMA. Bahan ajar ini terdiri dari tiga bagian, bagian pertama adalah penyajian sampul luar, kata pengantar, penyajian SK dan KD, peta konsep isi buku, dan daftar isi. Bagian kedua berupa isi yang didasarkan SK dan KD yaitu mengidentifikasi bentuk karya tulis ilmiah, mengidentifikasi sistematika karya tulis ilmiah, mengidentifikasi isi dan kebahasaan dalam karya tulis ilmiah, mengidentifikasi tujuan dan esensi karya tulis ilmiah, merancang informasi karya tulis ilmiah, tujuan dan esensi yang disajikan dalam karya tulis ilmiah, menganalisis sistematika karya tulis ilmiah, menganalisis kebahasaan karya tulis ilmiah, menganalisis kalimat baku, menganalisis penggunaan PUEBI (penomoran bab, penulisan judul), mengumpulkan data sebagai bahan karya tulis ilmiah, menyusun karya tulis ilmiah. Bagian ketiga dari penyajian bahan ajar ini terdiri dari daftar pustaka, glosarium, dan indeks.

Keywords


Kajian karya tulis ilmiah, Bahan ajar berbasis pendekatan konstruktivisme

References


Alek dan Achmad. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perpendidikan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Chaer, Abdul. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dick, W., Carey, L., dan Carey, J.O. (2009) The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson

E. Mulyasa. (2006). Menjadi Pendidik Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Emilia, Emi. (2011). Pendekatan Berbasis Teks dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Bandung:Kiblat

Kusmana, Suherli. (2016). Orientasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.

Muchit, Saekhan. (2007). Pembelajaran Konstektual. Semarang: Rasail.

Pranowo. (2009). Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohman, Abdul. (2011.) dalam Redaktur Nadwa, Jurnal Pendidikan Islam, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Sudjana, D. (2000). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falsafah Production.

Suryaman, Maman. (2016). Kurikulum dan Orientasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan.

Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i2.1741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Tuturan
execute(); ?>