Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD

Taufik Hidayat, Nora Surmilasari, Jayanti Jayanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model mind mappingterhadap kemampuan berpikir komputasi siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SD materi penyajian data. Adapun sampel yang  digunakan dalam penelitian ini  adalah siswa kelas Va dan kelas Vb SD Negeri 01 Gunung Jati dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis eksperimen. Metode pengumpulan data siswa melalui observasi, dokumentasi dan tes. Dengan desain posttest-only control design. Metode analisis data yang peneliti gunakan yaitu analisis data kuantitatif menggunakan uji independent t-test dan didapat nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model mind mapping terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa pada pembelajaran matematika materi penyajian data di kelas V SD Negeri 01 Gunung Jati.

Kata Kunci:

Mind mapping, 

Berpikir Komputasi, 

Matematika,

Sekolah Dasar

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acesta, A. (April 2020). Pengaruh Penerapan Metode mind mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Kajian Penelitan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.4, No.2b , 581-586.

Afandi, Fiki, & Hermawan, H. D. (2022). Pengembangan Game 2D Pengenalan Konsep Computational thinking Untuk Anak Sekolah Dasar. Umslibrary Center Of Academic Activities , 2.

Apriani, & Ismarmiaty. (2021). Penerapan Computational thinking pada Pelajaran Matematika Di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat , 48.

Batul, F. A., Pambudi, D. S., & Prihandoko, A. C. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Sscs Dengan Pendekatan Rme Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika .

Dewi, A. N., Juliyanto, E., & Rahayu, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Computational thinking Berbantuan Scratch Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal Of Natural Science Education (IJNSE) , 92.

Nuraini, L. (2018). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No. 2 , 44.

Octavia, S. A. (2020). MODEL- Model Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Zahid, M. (2022). Telaah Kerangka Kerja PISA 2021 : Era Integrasi Computational thinking Dalam Bidang Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika . Journal Of Elementary Education , 706-713.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8772

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>