Karakteristik Keterampilan Guru Abad 21

Rofita Rahayu, Sofyan Iskandar, Dede Trie Kurniawan

Sari


Abstrak. Guru era abad 21 menyongsong generasi emas yang melek dengan IPTEK. Generasi emas adalah generasi muda yang mempunyai keterampilan abad 21 yaitu insan yang berkarakter, berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif, dan kompetitif. Menyiapkan generasi emas Indonesia untuk kehidupan di abad ke-21 adalah sesuatu yang kompleks dan rumit. Berbagai tantangan yang harus dihadapi di era Revolusi 4.0 dan Society 5.0 seperti: globalisasi, teknologi, migrasi, kompetisi, perubahan di segala bidang, dan tantangan lingkungan. Upaya pemerintah menyiapkan segala perubahan ini diantaranya pembangunan di bidang pendidikan, dengan melakukan penyempurnaan dan pengembangan kurikulum serta peningkatan profesionalisme tenaga pendidik (guru). Penelitian ini menggunakan kajian literatur yang mana literatur yang diambil sesuai dengan pokok pembahasan dan di analisis secara mendalam sehingga dapat diambil kesimpulan dan temuan dalam penelitian. Penelitian kualitatif dituntut mampu mengorganisasikan semua teori yang dibaca. Literatur yang diambil baik dari buku, artikel jurnal baik nasional maupun internasional dan literatur lainnya. Guru sebagai seorang pendidik di sekolah, haruslah memiliki kompetensi terbaik dalam bidangnya. Maju mundurnya suatu negara berada ditangan guru. Dalam menyiapkan generasi milenial yang tangguh, kreatif, inovatif, kompetitif yang berdaya saing dan cerdas tentunya diperlukan guru yang memiliki main set yang unggul dengan menerapkan kurikulum. Oleh karena itu untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik di era abad 21 ini menuntut guru untuk memiliki keterampilan teknologi yang dibutuhkan agar dapat memanfaatkan kekuatan komputer dan teknologi yang terkait dengannya untuk pengajaran yang efektif.

Kata Kunci: Abad 21, Keterampilan Guru, Kinerja Guru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ramadhan, S.M., & Heryadi, R. (2021). Karakteristik, Keterampilan, Kompetensi pembelajaran dan peran guru di abad 21. Universitas Islam Kalimantan MAB . ISBN : 978-632-7583-84-4. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/6702

Sudirman., & Bokingo, A.H. (2017). Teacher of the Year: Kinerja Guru dalam Bingkai Perkembangan Pendidikan Abad 21. Universitas Negeri Gorontalo. ISBN: 978-602-361-102-7. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9563

Annisa, N. (2022). Kompetensi Seorang guru dan Tantangan Pembelajaran Abad 21. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin https://thesiscommons.org/a87uy/

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: BSNP

Husain, R. dkk. (2019). Manajemen Perubahan Era Disruption. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Gaya Kerja Milenial dan Tantangan Kolaborasi di Era Disrupsi Teknologi, Februari. Gorontalo: Ideas Publishing.

Febryani, Yoeyhan. (2012). Guru Abad 21. Dalam (http://yoeyhanfebryani.blogspot.com/ 2012/11/guru-abad-21.html)

Sutamto. (2010). Tantangan Guru pada Abad Ke-21. Dalam (http://sutamto.wordpress.com/ 2010/04/10/tantangan-guru-pada-abad-ke-21/),

Uda Tonic. (2015). Peningkatan Kinerja dan Profesionalisme Tenaga Pendidik/ Guru di Kota Palangkaraya. Vol. 3 No. 1 juni 2015-ISSN-2355-0236 (96-129)




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i1.8018

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>