Peran Matakuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Membekali Kompetensi Calon Guru Sekolah Dasar

dede trie kurniawan

Sari


Abstrak

Sains merupakan badan dari ilmu pengetahuan, dibentuk dari proses inkuiri yang berlangsung terus menerus dan berkesimanbungan, dan meliputi orang-orang yang bergerak dalam bidang enterprice sains. Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa ilmu sains diperoleh dari suatu proses inkuiri yang panjang dan terus menerus melalui tahapan-tahapan eksperimental. Hal utama yang membuat sains menjadi khas dari ilmu yang lain adalah sains memiliki karakteristik memerlukan proses penyelidikan dalam membangun konsep-konsep sains dengan kata lain proses inkuiri diperlukan untuk mengkontruksi ilmu pengetahuan dalam konteks sains. Upaya memajukan Sains (Dasar) yang sangat utama adalah menghasilkan pengajar Sains Dasar pada tingkat  pendidikan menengah (guru) dan pendidikan tinggi (dosen) dengan pemahaman dan penyusunan bahan ajar yang baik. Bahan ajar sains untuk calon guru SD haruslah mengandung kekuatan bernalar dan kemajuan Sains terakhir. Makalah ini berupaya untuk mengungkap peran matakuliah ilmu pengetahuan alam dalam pemenuhan kompetensi calon guru sekolah dasar

 

Kata kunci: IPA; Kompetensi Guru SD; Mahasiswa Calon guru SD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusdwiratri, 1983. Teori Perkembangan Kognitif. Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia.

Mulyana Cukup, Dkk.2004. Dikat Praktikum Fisika dasar I. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Padjadjaran Bandung, Indonesia.

Rustaman, N. Y. (2002). Pandangan biologi terhadap proses berpikir dan implikasinya dalam pendidikan sains. Pidato Pengukuhan Guru besar. Bandung: FPMIPA UPI

Mariana, I Made Alit dan Wandi Pragnida.(2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk guru SD. Jakarta. PPPPTK untuk Program Bermutu

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. (2008) Strategi pembelajaran MIPA. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan

Kusdwiratri. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung : Widya Padjajaran.

Rustaman, Nuryani. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidikan Sains. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia

Trowbridge, L. W. & Bybee, R. W. (1990). Becoming a secondary school science teacher (5 th edition). Columbus OH: Merrill Publishing Company

Widowati, Asri. 2008, Diktat Kuliah : Pendidikan Sains. Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam. UNY: Tidak diterbitkan




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v1i1.1164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>