Studi Lingkungan Desa Pentingsari Kabupaten Sleman Sebagai Sumber Pembelajaran IPS SD

Savira Ningrum, Ikhlas Suryawati, Setia Setia, Lia Aliatul Ilmi

Sari


Abstrak : Studi Lingkungan ini bertujuan untuk menggali, mengkaji, dan mendeskripsikan pengetahuan sosial yang ada pada suatu daerah yang dapat dijadikan suatu sumber pembelajaran IPS yang menarik kepada peserta didik. Studi lingkungan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Studi lingkungan ini dilakukan di  Desa Wisata yaitu Desa Pentingsari Sleman Yogyakarta, dengan subjek Masyarakat Setempat dan Kondisi sosialnya. Dalam studi lingkungan ini kami mengumpulkan data melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil studi lingkungan ini menunjukan bahwasannya kebudayaan-kebudayaan dan kebiasaan sosial masyarakat dapat dijadikan sumber pembelajaran IPS yakni dari segi : (1) Sejarah desa pentingsari, (2) Kondisi Geografis desa pentingsari, (3) Kondisi Demografi desa pentingsari.

Abstract : This study  environmental study aims to multiply, examine and describe the social knowledge that exists in an area that can be used as an interesting source of IPS learning to students. this environmental study uses a qualitative approach. this environmental study was conducted in pentingsari tourist village sleman yogjakarta with the subject of local people and their social conditions. In this environmental study we collected data through interviews, observation and documentation. The results of this environmental study show that the culture and social habits of the community can be used as sources of learning,terms of : (1) village history pentingsar, (2) Geographical conditions of the village pentingsari , (3) village demograpihic conditions pentingsari.

 

Kata Kunci. Studi Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Desa Pentingsari

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gazalba, S. (1966). Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu. Jakarta: Bharata

Irwanto, D dan Syair, A. (2008). Isi Metodologi dan Historigrafi Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya

Murtianto, H. (2008). Modul Belajar Geografi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Rasyid, AR H. (2016). Impelentasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah. Yogyakarta: Sosial Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

Subadi, T. (2008). Sosiologi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wulansari, D. (2009). Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung: Pt. Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v1i2.2312

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.