ANALISIS KINERJA BENDUNGSOKA HILIR KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Nurmala Nurmala, Nurdiyanto Nurdiyanto

Sari


ABSTRAK

Bendung Soka Hilir dibangun pada tahun 1925 yang berlokasi di Desa Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Pada awal pembangunan bendung ini melayani daerah irigasi seluas 461 Ha, namun saat ini hanya 258 Ha yang diairi oleh bendung tersebut. Hal itu dikarenakan adanya mutasi areal yang menyebabkan penyempitan areal daerah irigasi. Faktor yang mempengaruhi sistem irigasi pada Bendung Soka Hilir antara lain meningkatnya sedimentasi pada sungai, serta kerusakan sarana dan prasarana yang mengakibatkan pengaturan air irigasi tidak efektif dan efisien serta kurang seimbangnya antara debit tersedia dengan debit yang dibutuhkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi dan fungsi jaringan irigasi, menganalisis tenaga kelembagaan dan sumber daya manusia yang mengelola, menganalisis hidrologi sungai, debit tersedia dan debit kebutuhan, menganalisis pola tanam, menganalisis biaya O & P, dan menganalisis prioritas kinerja Bendung Soka Hilir berdasarkan metode AHP (Analytic Hierarchy Process).

Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis adalah kondisi dan fungsi jaringan daerah irigasi Bendung Soka Hilir tergolong dalam klasifikasi sedang, tenaga kelembagaan hanya kekurangan 3 orang dari yang disyaratkan, debit andalan dapat memenuhi debit kebutuhan, semua pola tanam alternatif dapat terpenuhi oleh debit andalan, biaya O & P mengalami kenaikan pada tahun 2017 dan mengalami penurunan pada tahun 2018, penentuan prioritas dengan menggunakan metode AHP yang lebih diprioritaskan adalah Biaya Pemelihaan untuk bendung dan daerah irigasinya dengan bobot 56,55%.

Kata Kunci : Bendung Soka Hilir, Analisis Kinerja Bendung, Metode AHP


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arthur, Prayogi Kasih. 2015. Model Penetapan Prioritas Rehabilitasi Bendung Berbasis Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Studi Kasus Di Wilayah Kerja UPT Pengairan Kalisat Kabupaten Jember). Skripsi, Jember: Universitas Jember.

Direktoriat Jendral Sumber Daya Air, Standar Perencanaan Irigasi KP-01, 2013.

Dumairy. 1992. Ekonomika Sumber Daya Air. Yogyakarta: PT.BPFE.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 13/PRT/M/2012 Tentang Pedoman Pengelolaan Aset Irigasi.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 32/PRT/M/2007 Tentang Pedoman Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi.

Putmina, (2013, 12 Juni). Debit Andalan (Dependable Flow). Diperoleh 09 Januari 2019 dari http://putmina87.blogspot.com/2013/06/debit-andalan-dependable-flow.html.

Putra, Bagas Mahardika Abri. 2016. Desain Kriteria Penilaian Kondisi Sungai Berdasarkan Aspek Struktur Bangunan (Studi Kasus: Sungai Pepe Baru Surakarta). Skripsi, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wahyudi, Muhammad. 2017. Analisa Kinerja Bendung Berdasarkan Aspek Fungsi Struktur Bangunan (Studi Kasus Bendung Pekatingan). Skripsi, Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jki.v8i3.2768

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.