Pengaruh Faktor Sosiodemografis terhadap Akses Teknologi Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap

Penulis

  • Anggi Fitria Cahyaningsih Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • M. Aris Pujiyanto Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Ernes Septina Azizi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Faishal Permana Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Muhamad Solekan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Dwi Putriana Nuramanah Kinding Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jpa.v8i1.10878

Kata Kunci:

adopsi, sosiodemografis, teknologi digital, UMKM

Abstrak

UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional. Strategi perkembangan digitalisasi UMKM salah satu alternatif solusi bagi pelaku UMKM dalam proses bisnis usahanya. Namun adopsi teknologi digital mereka masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor sosiodemografis yang memengaruhi akses dan penggunaan teknologi digital pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif, mengambil sampel 50 pelaku UMKM melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dianalisis menggunakan ordinal logistic regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dihasilkan mengindikasikan bahwa variabel sosiodemografis memengaruhi 53,2% dari akses teknologi digital UMKM. Secara spesifik, jenis kelamin, usia, jenis usaha, dan pendapatan rata-rata berpengaruh signifikan terhadap akses dan penggunaan teknologi digital. Jenis kelamin laki-laki cenderung memiliki akses dan penggunaan yang lebih tinggi (OR = 2,718). Usia berpengaruh negatif, di mana pelaku UMKM yang lebih tua memiliki akses lebih rendah (OR = -0,604). Jenis usaha perdagangan dan jasa lebih intensif dalam mengadopsi teknologi digital (OR = 0,443) dibandingkan jenis usaha lain. Selain itu, pendapatan yang lebih tinggi meningkatkan kemungkinan akses dan penggunaan teknologi (OR = 1,88). Adanya kesenjangan digital yang signifikan berdasarkan faktor sosiodemografis sehingga perlu adanya program pelatihan digital yang inklusif, dukungan finansial untuk investasi teknologi, dan kebijakan yang disesuaikan dengan karakteristik unik setiap kelompok UMKM untuk mendorong transformasi digital yang lebih merata

Referensi

Ariansyah, K., & Nuryakin, C. (2019). Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Penentu Adopsi Long Term Evolution (LTE) di Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 18(1), 29–42. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.1.3

Asrofi, D. A. N., Pratomo, D. S., & Pangestuty, F. W. (2022). Determinan Wirausaha Perempuan Pengguna Transaksi Digital Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Ekonomi Indonesia, 11(2), 193–210. https://doi.org/10.52813/jei.v11i2.235

Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap. (2024). Profil Industri Mikro dan Kecil Kabupaten Cilacap 2023. Cilacap.

Hapiz, M., Septia, L. P., Aprilianti, D., Aprilianto, D., Maulida, I., Muhammad, F., … Herdiana, D. (2025). Analisis Kebijakan Pengembangan UMKM Digital di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Mardani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 3(5), 36–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.15538100

Ivan, E., & Hendrawan, D. A. (2024). Persepsi Petani Terhadap Financial Technology Untuk Mendukung Kemandirian Petani. Paradigma Agribisnis, 6(2), 199–206. https://doi.org/10.33603/jpa.v6i2.9027

Jayanti, E., & Karnowati, N. B. (2023). Digitalisasi UMKM dan Literasi Keuangan Untuk Keberlanjutan UMKM di Kabupaten Cilacap. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 31(1), 51–64. https://doi.org/10.32477/jkb.v31i1.504

Kansrini, Y., Febrimeli, D., & Mulyani, P. W. (2020). Tingkat Adopsi Budidaya Yang Baik (Good Agriculture Practices) Tanaman Kopi Arabika Oleh Petani Di Kabupaten Tapanuli Selatan. Paradigma Agribisnis, 3(1), 36–49. https://doi.org/10.33603/jpa.v3i1.3957

Mardiyati, S., Alfin, E., & Pramarta, P. (2025). Adopsi Cloud Computing pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(1), 553–558. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i1.712

Meilinda, E., Saputra, D., & Murni, S. (2025). Pemberdayaan UMKM Percetakan SMArt Melalui Pelatihan Digital Marketing. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.60004/komunita.v4i1.123

Nuriana, D., Rizkiyah, I., Efendi, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Generasi Baby Boomers (Lanjut Usia) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 32–46. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23117

Pangesti, S. D., & Adyaksana, R. I. (2021). Determinan adopsi e-commerce dan dampaknya pada usaha mokro kecil dan menengah (UMKM). Journal of Business and Information Systems, 3(2), 97–107. https://doi.org/10.36067/jbis.v3i2.100

Pemerintah Desa Cipari. (2024). Pemberdayaan UMKM di Desa Cipari: Pelatihan dan Dukungan Pemerintah. Retrieved from https://cipari.desa.id/pemberdayaan-umkm-di-desa-cipari-pelatihan-dan-dukungan-pemerintah

Pidata, I. P., Ferichani, M., & Barokah, U. (2023). Analisis Value Added Kopi Robusta Pada Umkm Kopi Mukidi Di Kabupaten Temanggung. Paradigma Agribisnis, 5(2), 114–128. https://doi.org/10.33603/jpa.v5i2.6780

Prasetyo, A. F., Nurkolis, N., & Suryadi, U. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Adopsi InovasiDan Kapabilitas Peternak Pada Kelompok Ternak Kambing. Jurnal Ilmiah Inovasi, 17(2), 62–66. https://doi.org/10.25047/jii.v17i2.544

Pujianto, A. (2020). Peningkatan Manajemen Penglolaan Usaha Ternak Lele melalui Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Berbasis Online. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat Universitas AMIKOM Yogyakarta, 1–6.

Rauf, R., Syam, A., & Randy, M. F. (2024). Optimalisasi Transformasi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 7(1), 95–102. https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i1.594

Rifai, B., & Mychelisda, E. (2023). Model Percepatan Adopsi Teknologi Digital Industri Makanan Minuman Berbasis Potensi Lokal Menuju Industri 4.0 Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. TheJournalish: Social and Government, 4(5), 211–231. Retrieved from https://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/article/view/612

Sumiari, N. K. (2019). Pemanfaatan Teknologi Bidang Pemasaran Dan Keuangan Untuk Peningkatan Potensi SDM Pada UKM Sedana Mebel. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i1.126

Umiyati, E., & Achmad, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan digital ekonomi pada pelaku usaha. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(2), 255–266.

Wahyuningtyas, N., & Adi, K. R. (2016). Digital Divide Perempuan Indonesia. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 10(1), 80–88. https://doi.org/10.17977/um020v10i12016p080

Wati, D. L., Septianingsih, V., Khoeruddin, W., & Al-Qorni, Z. Q. (2024). Peranan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMAK), 3(1), 265–282.

Widyananda, C. S., Shamad, Z., & Purdiyanto, J. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Peternak Kambing Di Dusun Solot Kabupaten Pamekasan. Jurnal Terapan Abdimas, 9(1), 92–98. https://doi.org/10.25273/jta.v9i1.17938

Diterbitkan

2025-09-28

Citation Check