Pengaruh Faktor Sosio-demografis terhadap Akses Teknologi Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.33603/jpa.v8i1.10878Keywords:
adoption, digital technology, MSMEs, sociodemographicAbstract
UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional. Strategi perkembangan digitalisasi UMKM salah satu alternatif solusi bagi pelaku UMKM dalam proses bisnis usahanya. Namun adopsi teknologi digital mereka masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor sosio-demografis yang mempengaruhi akses dan penggunaan teknologi digital pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif, mengambil sampel 50 pelaku UMKM melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dianalisis menggunakan ordinal logistic regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dihasilkan mengindikasikan bahwa variabel sosio-demografis mempengaruhi 53,2% dari akses teknologi digital UMKM. Secara spesifik, jenis kelamin, usia, jenis usaha, dan pendapatan rata-rata berpengaruh signifikan terhadap akses dan penggunaan teknologi digital. Jenis kelamin laki-laki cenderung memiliki akses dan penggunaan yang lebih tinggi (OR = 2,718). Usia berpengaruh negatif, di mana pelaku UMKM yang lebih tua memiliki akses lebih rendah (OR = -0,604). Jenis usaha perdagangan dan jasa lebih intensif dalam mengadopsi teknologi digital (OR = 0,443) dibandingkan jenis usaha lain. Selain itu, pendapatan yang lebih tinggi meningkatkan kemungkinan akses dan penggunaan teknologi (OR = 1,88). Adanya kesenjangan digital yang signifikan berdasarkan faktor sosio-demografis sehingga perlu adanya program pelatihan digital yang inklusif, dukungan finansial untuk investasi teknologi, dan kebijakan yang disesuaikan dengan karakteristik unik setiap kelompok UMKM untuk mendorong transformasi digital yang lebih merata.
References
Ariansyah, K., & Nuryakin, C. (2019). Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Penentu Adopsi Long Term Evolution (LTE) di Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 18(1), 29–42. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.1.3
Asrofi, D. A. N., Pratomo, D. S., & Pangestuty, F. W. (2022). Determinan Wirausaha Perempuan Pengguna Transaksi Digital Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Ekonomi Indonesia, 11(2), 193–210. https://doi.org/10.52813/jei.v11i2.235
Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap. (2024). Profil Industri Mikro dan Kecil Kabupaten Cilacap 2023. Cilacap.
Hapiz, M., Septia, L. P., Aprilianti, D., Aprilianto, D., Maulida, I., Muhammad, F., … Herdiana, D. (2025). Analisis Kebijakan Pengembangan UMKM Digital di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Mardani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 3(5), 36–44. https://doi.org/10.5281/zenodo.15538100
Ivan, E., & Hendrawan, D. A. (2024). Persepsi Petani Terhadap Financial Technology Untuk Mendukung Kemandirian Petani. Paradigma Agribisnis, 6(2), 199–206. https://doi.org/10.33603/jpa.v6i2.9027
Jayanti, E., & Karnowati, N. B. (2023). Digitalisasi UMKM dan Literasi Keuangan Untuk Keberlanjutan UMKM di Kabupaten Cilacap. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 31(1), 51–64. https://doi.org/10.32477/jkb.v31i1.504
Kansrini, Y., Febrimeli, D., & Mulyani, P. W. (2020). Tingkat Adopsi Budidaya Yang Baik (Good Agriculture Practices) Tanaman Kopi Arabika Oleh Petani Di Kabupaten Tapanuli Selatan. Paradigma Agribisnis, 3(1), 36–49. https://doi.org/10.33603/jpa.v3i1.3957
Mardiyati, S., Alfin, E., & Pramarta, P. (2025). Adopsi Cloud Computing pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(1), 553–558. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i1.712
Meilinda, E., Saputra, D., & Murni, S. (2025). Pemberdayaan UMKM Percetakan SMArt Melalui Pelatihan Digital Marketing. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.60004/komunita.v4i1.123
Nuriana, D., Rizkiyah, I., Efendi, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Generasi Baby Boomers (Lanjut Usia) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 32–46. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23117
Pangesti, S. D., & Adyaksana, R. I. (2021). Determinan adopsi e-commerce dan dampaknya pada usaha mokro kecil dan menengah (UMKM). Journal of Business and Information Systems, 3(2), 97–107. https://doi.org/10.36067/jbis.v3i2.100
Pemerintah Desa Cipari. (2024). Pemberdayaan UMKM di Desa Cipari: Pelatihan dan Dukungan Pemerintah. Retrieved from https://cipari.desa.id/pemberdayaan-umkm-di-desa-cipari-pelatihan-dan-dukungan-pemerintah
Pidata, I. P., Ferichani, M., & Barokah, U. (2023). Analisis Value Added Kopi Robusta Pada Umkm Kopi Mukidi Di Kabupaten Temanggung. Paradigma Agribisnis, 5(2), 114–128. https://doi.org/10.33603/jpa.v5i2.6780
Prasetyo, A. F., Nurkolis, N., & Suryadi, U. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Adopsi InovasiDan Kapabilitas Peternak Pada Kelompok Ternak Kambing. Jurnal Ilmiah Inovasi, 17(2), 62–66. https://doi.org/10.25047/jii.v17i2.544
Pujianto, A. (2020). Peningkatan Manajemen Penglolaan Usaha Ternak Lele melalui Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Berbasis Online. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat Universitas AMIKOM Yogyakarta, 1–6.
Rauf, R., Syam, A., & Randy, M. F. (2024). Optimalisasi Transformasi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 7(1), 95–102. https://doi.org/10.37888/bjrm.v7i1.594
Rifai, B., & Mychelisda, E. (2023). Model Percepatan Adopsi Teknologi Digital Industri Makanan Minuman Berbasis Potensi Lokal Menuju Industri 4.0 Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. TheJournalish: Social and Government, 4(5), 211–231. Retrieved from https://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/article/view/612
Sumiari, N. K. (2019). Pemanfaatan Teknologi Bidang Pemasaran Dan Keuangan Untuk Peningkatan Potensi SDM Pada UKM Sedana Mebel. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i1.126
Umiyati, E., & Achmad, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan digital ekonomi pada pelaku usaha. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(2), 255–266.
Wahyuningtyas, N., & Adi, K. R. (2016). Digital Divide Perempuan Indonesia. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 10(1), 80–88. https://doi.org/10.17977/um020v10i12016p080
Wati, D. L., Septianingsih, V., Khoeruddin, W., & Al-Qorni, Z. Q. (2024). Peranan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMAK), 3(1), 265–282.
Widyananda, C. S., Shamad, Z., & Purdiyanto, J. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Peternak Kambing Di Dusun Solot Kabupaten Pamekasan. Jurnal Terapan Abdimas, 9(1), 92–98. https://doi.org/10.25273/jta.v9i1.17938
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Anggi Fitria Cahyaningsih, M. Aris Pujiyanto, Ernes Septina Azizi, Faishal Permana, Muhamad Solekan, Dwi Putriana Nuramanah Kinding

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.