Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2591Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menghasilkan kajian tentang pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning  terhadap Kemampuan Analogi Matematis peserta didik di SMP Negeri 2 Rangkasbitung kelas VIII semester genap tahun ajaran 2018/2019 pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors serta uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji−t pada taraf signifikan  0,05 diperoleh . Dengan demikian, ditolak yang menyatakan bahwa model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berpengaruh terhadap kemampuan analogi matematis peserta didik. Pengaruh model tersebut diklasifikasikan dengan Effect Size diperoleh sebesar 0,4660. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning terhadap kemampuan analogi matematis peserta didik di SMP Negeri 2 Rangkasbitung dengan kriteria sedang.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author who published his work in this journal agrees to the following terms:
The author reserves the copyright and grants the first publishing rights journal, with works simultaneously licensed under the License:Â Â Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License that enables others to share works with the acknowledgment of early publication and authorship of the work in this journal.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.