Pengaruh Permainan Susun Kata Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Efektif Pada Kelas V SD Negeri 69 Palembang

Gustina Andera, Dian Nuzulia Armariena, Noviati Noviati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan susun kata terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat efektif pada kelas V SD Negeri 69 Palembang. Metode dalam penelitian ini menggunakan Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil perhitungan dan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 72,73 dan posttest kelas eksperimen sebesar 82,29. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan nilai  = 2,711 lebih dari  = 2, 015 sehingga  ditolak berarti  diterima. Begitu juga nilai sig. Sebesar 0,010 <  0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh permainan susun kata terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia materi kalimat efektif pada kelas V SD Negeri 69 Palembang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemendikbud. (2013). Dipanduan Teknis Penilaian 2019 Madrasah Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kesumawati, N. d. (2018). Statistik Parametrik. Palembang: NeorFikri Offset.

Kesumawati, N. D. (2019). Pengantar Statistika Penelitian . Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Saadah, V. N., & Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Disekolah Dasar. Jurnal Terampil, Volume 2 Nomor 2, 193.

Sinamora, A. M., & Mukhtar. (2015, Desember). Pengembangan Media Pembelajaran Kalimat Efektif Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2 (2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8773

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>