Tinjauan Kemampuan Mahasiswa Dalam Analisis Problem with Contradiction Information (PWCI) berbasis Living Values Education (LVE) Pada MK PKn SD

Auliya Aenul Hayati

Sari


Abstrak. Riset ini berupaya menelisik kompetensi mahasiswa dalam menganalisis berbagai permasalahan sosial yang memerlukan penelaahan bijak berdasar pada teori serta realitas pengiring. Urgensitas lainnya adalah keberadaan nilai kehidupan yang sejatinya sebagai faktor X pada setiap kejadian/ peristiwa sosial seringkali tidak tercermati secara gamblang yang berakhir hanya sebagai misteri-misteri tak terpecahkan. Hal-hal tersebutlah yang kemudian menjadi acuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran mengacu pada pola kemampuan analisis PWCI berbasis LVE yang dikemas dalam bentuk tugas video kontradiktif pembelajaran MK PKn SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian riset kualitatif dengan metode deskriptif analisis pada mahasiswa PGSD pengontrak MK PKn SD dengan teknik triangulasi data dilanjut teknik analisis data interaktif Huberman hingga didapatkan hasil penelitian kemampuan analisis PWCI berdasarkan LVE mahasiswa dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu : penelaahan idealitas keilmuan salah satu materi pelajaran PKn SD yang hendak dikaji, analisis kondisi realitas sasaran, penentuan nilai kehidupan yang hendak dimunculkan dalam bentuk video, pengkajian kontradiksi kondisi realitas dengan ideal teoritis serta nilai kehidupan.

Kata Kunci:

Kemampuan Analisis

Permasalahan dengan Informasi Kontradiktif

Pendidikan Nilai-Nilai Kehidupan

MK PKn SD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adila, I., Weda, W., & Tamitiadini, D. (2019). PENGEMBANGAN MODEL LITERASI DAN INFORMASI BERBASIS PANCASILA DALAM MENANGKAL HOAKS. Wacana, 18(1), 101–111.

Alif, M. I., Triartanto, A. Y., Hardian, A., & Kurniawan, F. (2018). Literasi Media Dalam Menanggulangi Berita Hoax ( Studi Pada Pelajar SMKN 4 Bekasi dan Mahasiswa AKOM BSI , Jakarta ). Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 416–423.

Anggraini, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Sebagai Pengganti Perkuliahan Konvensional Untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 95. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1101

Basri, H., Jannah, U. R., Nurita Sari, F., & Yahya, A. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Masalah dengan Informasi yang Kontradiksi. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 63–68. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.9290

Chatib, M. (2012). SEKOLAHNHYA MANUSIA : SEKOLAH BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI INDONESIA. KAIFA.

Darmadi, A. K. A. (2015). Dialektika dan implementasinya dlm penelitian. In Dialektika. Universitas Udayana.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581

Hasanah, U. (2015). KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PERSPEKTIF MUNIF CHATIB Uswatun. Tarbawiyah, 12(2), 209–232. https://doi.org/10.4135/9781452218533.n506

Hayati, A. A. (2014). VALUES ACTIVITIES DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA ( Studi Deskriptif Analisis di SMA Plus Muthahhari Bandung ) Tesis yang d iajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Pada Jurusan Pendidikan Kewar ganegaraan Sekolah Un. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.

Hayati, A. A. (2017). Manifestasi Konsep Living Values Education pada Materi Hak dan Kewajiban Warga Negara melalui Kegiatan Konservasi Mangrove Mahasiswa Unswagati Cirebon. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan (KNKn) III, "Peneguhan Jiwa Profetik-Patriotik Warga Negara Dalam Merespon Dinamika Ke-Indonesia-an dan Kemanusiaan, November, 152–158.

Hayati, A. A., Pratiwi DS, D., & Praja, E. S. (2019). Analisis kebutuhan perancangan aktivitas pembelajaran berdasarkan pada dimensi sikap moral bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 59–68. https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.20487

Juditha, C. (2018). Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya). Journal Pekommas, 3(1).

Juliswara, V. (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jps.v4i2.28586

Krathwohl, David R, A., Lorin, W., & Prihantoro, A. (2015). KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN ASESMEN (CETAKAN 1). PUSTAKA PELAJAR.

Nufus, H. (2019). PEMBINAAN KARAKTER MAHASISWA BERBASIS LIVING VALUES EDUCATION. Al-Iltizam, 4(1).

Susan, N., & S.Retno, U. (2019). SOSIOLOGI KONFLIK, TEORI-TEORI DAN ANALISIS (Cetakan Ke). Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8701

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>