Pengaruh Project Based Learning Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V

Esti Mungizzah, Sriyanto Sriyanto

Sari


Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum inovatif serta metode pembelajaran yang bersifat Teacher Centered Learning.  Model pembelajaran Project Based Learning berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) mampu mengoptimalkan pembelajaran serta dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal terlebih lagi pada abad ke-21. Metode penelitian yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentukOne Group Pretest-Posttest Only Design. Sampel yang diambil yaitu kelas VA dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes uraian dalam bentuk pretest dan posttest. Uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji hipotesis menggunakan paired sample t test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengidentifikasi bahwa terdapat pengaruh model PjBL-STEM dengan media DITAMAN terhadap prestasi belajar. 

Kata Kunci:

Pembelajaran Abad 21

Project Based Learning

STEM



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2019). Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910

Anwari, I., Yamada, S., Unno, M., Saito, T., Suwarma, I. R., Mutakinati, L., & Kumano, Y. (2015). Implementation of authentic learning and assessment through STEM education approach to improve students’ metacognitive skills. K-12 STEM Education, 1(3), 123–136.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asri, Y. N., Mursyidah, D. S., & Rizqi, V. (2021). Application of Project-Based Learning Through a STEM Approach to Improve Learning Outcomes During a Pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 719–722. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i4.819

Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915

Kamaliyah Nurul Rofika. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X Ips Sma Negeri 20 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 12(4).

Keleman, M. (2021). Assessment of Higher Order Thinking Skills Through Stem Integration Project-Based Learning for Elementary Level. International Journal of Social Science and Human Research, 04(04), 835–846. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i4-40

Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2018). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.

Nawang Sari, R., Tri Riya Anggraini, D., Komering Ulu, O., & PGRI Bandar Lampung, S. (2021). Pendekatan Steam Dalam Project Based Learning (PjBL) Mewujudkan Merdeka Belajar Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengajaran Dan Riset, 01(02), 1.

Nurjanah. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V Sd Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2), 107–110.

Nurohman, S. (2007). Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–20.

Septiyani, I. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Secara Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sd. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 28–33. https://doi.org/10.24929/alpen.v6i1.85

Supriadi, G. (2021). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press.

Tipani, Anita., et al. (2019). Implementasi model PjBL berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir analitis siswa. BIO EDUCATIO: (The Journal of Science and Biology Education), 4(2), 70–76.

Victor, H., Novianto, P., & Sriyanto. (2019). Variabel-Variabel Esensial Penelitian pendidikan Pembelajaran. UNS Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>