Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery learning Mata Pelajaran IPA
Sari
Abstrak
Berdasarkan latar belakang sebuah penelitian ditemukan rendahnya nilai hasil belajar dan rendahnya kreativitas siswa kelas V MI Raudlatus Shibyan. Rendahnya kreativitas dan hasil belajar disebabkan oleh masih kurangnya motivasi belajar dan guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional seperti halnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan. Kreativitas siswa pada siklus I mencapai 76,13%, pada siklus II 82,95, artinya mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I sebesar 63,63%, pada siklus II mengalami peningkatan 81,81%, artinya ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci:
Kreativitas
Hasil Belajar
Discovery learning
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah. (2022). Penerapan Model Discovery Leraning Dalam materi mengidentifikasi informasi penting dalam bahasa Indonesia. Jurnal universitas jambi, 1(2), 127-137. doi: https://doi.org/10.23887/jear. v3i.17271.
Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Astuti, F.R,. (2020). Penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. journal repository, 6(1), 117-126. doi: https://digilibadmin.unismuh.ac.id
Hamalik. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Handayani, S.R, (2020). Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa dalam pembelajaran PKN melalui model Discovery learning pada siswa II. Jurnal Pendidikan Unimuda sorong, 8(2), 117-128. doi: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.460
Kadariah & Sukarman. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kota Makassar. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5(1), 36-45. doi: https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i1.29902
Khodijah. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.
Kurniawati. (2016). Penerapan model inkuiri Terbimbing. Jurnal fakultas ekonomi, 7(2), 26-28. doi: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8250
Lilis. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VI pada pokok bahasan keliling dari segiempat tahun ajaran 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto, 3(4), 34-39. doi: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/138
Mirnawati. (2021). Pengaruh Penerapan model discovery learning terhadap pembelajaran siswa mata pelajaran IPA. Jurnal repository. 7(1), 8-11. doi: https://doi,org/1024246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92
Ramadhani. A. H., (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovery learning pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia, 2(1), 96-102. Retrieved From https://ummaspul.e-journal.id 2721-7957 (E-ISSN)
Rochiati. (2018). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saleha & Nadar. (2018). Pengaruh Penerapan Model Discovery learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di SDN 165 Pudete Kabupaten Enrekang. jurnal pendidikan guru sekolah dasar, Universitas Muhammadiyah Enrekang, 2(1), 96 – 110. doi: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.3309
Sani. (2014). Strategi Pembelajaran didalam Kelas. Bandung: Alfabeta
Surya. (2014). Psikologi pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Septiani. W, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 98-101. Retrieved From https://ejournal.upi.edu
Shofyan. H,N., (2021). Pemanfaatan Multimedia Berbasis Web Dalam Model Pembelajaran Discovery learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa pada Materi Struktur Anatomi Tubuh Manusia. Jurnal Bio Education, 6(2), 52-62. doi: 10.31949/be.v6i2.3580
Sundari. (2019). Potensi Model Discovery learning dipandu dengan number head to geer (DLNHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada konsep Subtansi genetic.e-jurnal universitas khairun, 1(1), 72-85. doi: https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i1.1075
Surya. (2004). Psikologi pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jurnal perpustakaan, upi.edu, 6(2), 11. doi: https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033
Trianto. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Wenger (2014). Model-model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wulandari, D. A., (2016). Penggunaan Model Discovery learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Rangka. jurnal repository, UPT Perpustakaan Unpas. 7(1), 64-51. Retrieved From https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12784
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8674
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.