Efektifitas Pembelajaran IPA Secara Luring di SDN Pasir Pogor Kelas 6E

Authors

  • Muhamad Iqbar Universitas Islam Nusantara, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Indonesia
  • Nandang Hoerudin Universitas Islam Nusantara, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Indonesia
  • Usep Suherman Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/cjiipd.v8i1.8152

Keywords:

Learning, Luring, Effectiveness

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pembelajaran luring setelah bergantinya dari pembelajaran secara daring. Penelitian ini merupakan menggunakan metode kuantitatif deskriptif menggunakan sebuah media online yaitu google form. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 6E SDN Pasir Pogor dengan rata-rata usia 12 tahun. Hasil penelitian menggambarkan bahwa siswa lebih efektif dalam memahami mata pelajaran IPA yang dilaksanakan secara luring dengan persantase 83%. Harapan kedepannya untuk kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan tatap muka. Kendala dalam pembelajaran luring terdapat beberapa yang perlu diperhatikan yaitu seperti keributan di kelas. Sehingga sebagian siswa merasa terganggu oleh hal tersebut dengan persentase 23%.

Author Biographies

Muhamad Iqbar, Universitas Islam Nusantara, Program Studi Pendidikan Agama Islam

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam

Nandang Hoerudin, Universitas Islam Nusantara, Program Studi Pendidikan Agama Islam

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam

Usep Suherman, Universitas Islam Nusantara

Dosen

References

A. Rachmat, & I. Krisnadi. (2020). Analisis Efeketifitas Pembelajaran Daring (Online) untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://www.academia.edu/download/63479888/Analisis__Efektifitas__Pembelajaran_Daring__ONLINE__pada_saat_Pandemi__COVID_1920200531-66941-1ej1fmy.pdf

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII 6. Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling, vol 7 no 1. https://berkas.dpr.go.id/sipinter/files/sipinter-630-989-20200707165734.pdf

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Elfrianto, E., Dahnial, I., & Tanjung, B. N. (2020). the Competency Analysis of Principal Against Teachers in Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic. Jurnal Tarbiyah, 27(1), 156–171. https://doi.org/10.30829/tar.v27i1.704

Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Masruhani, N. (2016). POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA PADA PENDIDIKAN ISLAM KLASIK Oleh: Siti Nur Masruhani Abstrak. 3(2), 143–160.

Nurcahyani, R. M., Utaminingsih, S., & Ismaya, E. A. (2022). Analisis Pembelajaran Tematik Kelas IV pada Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5674–5684. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3210

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Putri, A. K., syifa aulia, R., & Raisa, readen roro. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mata Di Masa Pandemi. Jurnal Komunikasi Kesehatan Masyarakat, 3(desember), 26–38.

Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915

Syarifuddin, S., Aisyah, S., & Triana, Y. (2021). Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 278–288. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1700

Published

2025-08-13

Issue

Section

Artikel

Citation Check