Efektifitas Pembelajaran IPA Secara Luring di SDN Pasir Pogor Kelas 6E
DOI:
https://doi.org/10.33603/cjiipd.v8i1.8152Keywords:
Learning, Luring, EffectivenessAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pembelajaran luring setelah bergantinya dari pembelajaran secara daring. Penelitian ini merupakan menggunakan metode kuantitatif deskriptif menggunakan sebuah media online yaitu google form. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 6E SDN Pasir Pogor dengan rata-rata usia 12 tahun. Hasil penelitian menggambarkan bahwa siswa lebih efektif dalam memahami mata pelajaran IPA yang dilaksanakan secara luring dengan persantase 83%. Harapan kedepannya untuk kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan tatap muka. Kendala dalam pembelajaran luring terdapat beberapa yang perlu diperhatikan yaitu seperti keributan di kelas. Sehingga sebagian siswa merasa terganggu oleh hal tersebut dengan persentase 23%.
References
A. Rachmat, & I. Krisnadi. (2020). Analisis Efeketifitas Pembelajaran Daring (Online) untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://www.academia.edu/download/63479888/Analisis__Efektifitas__Pembelajaran_Daring__ONLINE__pada_saat_Pandemi__COVID_1920200531-66941-1ej1fmy.pdf
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII 6. Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling, vol 7 no 1. https://berkas.dpr.go.id/sipinter/files/sipinter-630-989-20200707165734.pdf
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Elfrianto, E., Dahnial, I., & Tanjung, B. N. (2020). the Competency Analysis of Principal Against Teachers in Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic. Jurnal Tarbiyah, 27(1), 156–171. https://doi.org/10.30829/tar.v27i1.704
Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033
Masruhani, N. (2016). POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA PADA PENDIDIKAN ISLAM KLASIK Oleh: Siti Nur Masruhani Abstrak. 3(2), 143–160.
Nurcahyani, R. M., Utaminingsih, S., & Ismaya, E. A. (2022). Analisis Pembelajaran Tematik Kelas IV pada Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5674–5684. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3210
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Putri, A. K., syifa aulia, R., & Raisa, readen roro. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mata Di Masa Pandemi. Jurnal Komunikasi Kesehatan Masyarakat, 3(desember), 26–38.
Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915
Syarifuddin, S., Aisyah, S., & Triana, Y. (2021). Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 278–288. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1700
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.