Pemanfaatan Peta Konsep dengan Model Kooperatif pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah

Munawir Munawir, Dita Dwi Cahyani, Mery Sabilla Faqih Sabilla Faqih

Sari


Abstrak. Peningkatan keaktifan belajar peserta didik sangat diperlukan, karena itu pentingnya kegiatan tersebut dalam menghidupkan kembali proses pembelajaran sejarah kebudayaan islam yang berlandaskan konstruktivisme atau membangun ilmu yang mengutamakan kerjasama  siswa untuk apa yang dicapai bisa menjadi tujuan pemebalajaran peseta didik tersebut di dalam kelas. Adanya satu alternatif untuk membangun ativitas peserta didik tersebut dengan cara menggunakan model pembelajaran yang kooperatif dan dengan adanya model pembelajaran seperti ini peserta didik mampu meningkatkan kekatifannya kepada guru atau peseta didik lainnya. Seperti yang telah diterapkan dalam penelitian ini menggunakan beberapa  metode dan instrumen yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kektifan belajar sejarah kebudayaan islam siswa secara kooperatif.

Kata kunci: Pembelajaran, Kooperatif, Sejarah Kebudayaan Islam.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Faishol, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Film Dokumenter pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII C di MTS Kebunrejo Genteng Banyuwangi. Tarbiyatuna Vol 05, 41-54.

Irma, S. (2019). Penerapan Model Kooperatif Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII si MtS Hasyim Asy'ari. Vicratina Vol 4 , 19-22.

Izza, A. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Semester Genap di SMA Negeri Darussalam Singojuruh. Incare Vol 02, 28-38.

Nursobah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Youtube pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di madrasah Ibtidaiyah. el_Milad Vol 13, 76-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i1.7558

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>