Analisis Learning Obstacle Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang Di Kelas IV

Farhan Faisal Dani, Badarudin Badarudin

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis hambatan belajar, faktor penyebab, serta solusi yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi terjadinya learning obstacle pada siswa terkait dengan materi luas bangun datar persegi dan persegi panjang di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi hermeneutika. Fokus dari objek penelitian ini adalah hambatan belajar yang terjadi pada siswa kelas IV SD N Kembaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, soal tes tulis, analisis hasil jawaban siswa dalam mengerjakan soal luas bangun datar persegi dan persegi panjang, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan ada tiga jenis hambatan yang dialami siswa yaitu ontogeny obstacle, didactical obstacle, dan epistemology obstacle. Faktor yang menyebabkan terjadinya learning obstacle yaitu peralihan masa pembelajaran dari daring ke luring, kurangnya pendampingan orang tua ketika siswa belajar di rumah, penyusunan RPP yang dilakukan guru kurang relevan, dan lemahnya siswa dalam menghitung perkalian. Solusi yang dapat guru lakukan yaitu memberikan motivasi belajar, penguatan materi perkalian dasar, menggunakan metode belajar kooperatif, memberikan contoh soal-soal yang bervariasi, dan menyusun RPP secara relevan dan dinamis.

Kata kunci: Learning obstacle, Faktor, Solusi, Materi luas persegi dan persegi panjang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badarudin. (2020). Kurikulum Dan Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Creswell, W. J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Hasan, M., Tuti Khairani, H., Inanna, I., Uswatun, K., Badroh, R. A., Musyaffa, A. A., ... & Cahya Edi, S. (2021). Landasan Filosofis Pragmantis Dan Pendidikan Nasional (Pancasila).

Faizin, M. (2019). Analisis Learning Obstacle siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1): 60-63.

Lestari, U. (2019). Analisis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Nilai Tempat Siswa Kelas II SD [Learning Obstacle Analysis on Place Value Learning in Students Class II Elementary School]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 61-68.

Kayamuddin, K. Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study Di Sd Negeri 056601 Pekan Sawah Sei Bingai Tahun 2017-2018. TABULARASA, 15(3), 259-271.

Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101-3108.

Sukinem, S. (2021). Peningkatan hasil belajar keliling bangun datar melalui strategi belajar kooperatif tipe STAD di sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 119-129.

Suryadi, D. (2019). Landasan filosofis penelitian desain didaktis (DDR). Bandung: Pengembangan DDR Indonesia.

Wiguna, S., & Al Qadri, M. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61-71.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i2.7317

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>