Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Guna Meningkatkan Interaksi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Tematik SD

Bestiana Nizhomi, Ana Fitrotun Nisa, Widowati Pusporini

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan, diantaranya yaitu  kebijakan  pemerintah  untuk  menerapkan  pembelajaran  daring  di  masa  pandemi  covid  19  yang menimbulkan  beberapa permasalahan seperti, interaksi dosen dan mahasiswa yang kurang baik sehingga membuat kegiatan belajar mengajar cenderung menjadi pasif dan kurang efektif. Pada situasi yang seperti ini, pendidik harus berinovasi dan mengambil tindakan cepat agar pembelajaran  bisa  berjalan efektif kembali. Sebelum pandemi kegiatan belajar biasanya dilakukan di kampus diubah menjadi kegiatan Belajar Di Rumah  (BDR). Salah satu alternatif yang tepat di masa pandemi  ini yaitu penerapan model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran ini dapat mengkombinasikan antara pembelajaran internal dikelas dengan pembelajaran diluar kelas atau kelas terbalik dengan maksud untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Tematik SD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.  Penelitian ini dilakukan bersiklus dengan tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif dalam semua komponen interaksi pembelajaran mata kuliah pembelajaran tematik SD menggunakan model pembelajaran flipped classroom.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Interaksi Belajar,  Pembelajaran Tematik SD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Tabany, I. B., Trianto. 2015. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Jakarta: Kencana

Majid, abdul 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Moore, M. (1989). Three types of interaction. American Journal of Distance Education, 3(2), 1-6.

Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta:Rajawali Pers.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yamin, Martinis. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: GP Press Grup

Yulietri, Fradila, Mulyoto, Leo Agung,â€Model Flipped Classroom Dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajarâ€. Jurnal Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana UNS, Vol. 13 No. 2 (September 2015),h.6




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i2.7015

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.