Desain Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar

Mudopar Mudopar, Ira Rahayu, Tri Marwati

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendesain media pembelajaran komik digital bermuatan nilai karakter sebagai media pembelajaran teks eksplanasi. Desain media komik digital ini disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan dari beberapa sumber yang membuktikan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran teks eskplanasi masih sangat minim. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji produk tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Observasi dan wawancara dilakukan untuk menganalisis kebutuhan awal, sedangkan angket digunakan untuk menilai kelayakan media komik digital bermuatan nilai karakter yang telah didesain. Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli disimpulkan bahwa komik digital bermuatan nilai karakter yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pendukung dalam pembelajaran teks eskplanasi bagi siswa sekolah dasar.

Kata Kunci. komik digital, nilai karakter, media, teks eksplanasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam dan Taufik. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal. 3(2), 78-90. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400/258

Ambrayani dan Airlanda. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. 3 (1), https://doi.org/10.3729/jpse.v3il.3853

Anggraeni R. (2017). Karakteristik Media yang Tepat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai. Jurnal Of Moral and Civic Education. 1 (1), https://doi.org/10.24036/8851412020171116

Anto. (2010). Delapan Unsur Pembentuk Komik. Cornerstone Studio.

Anto. 2010. Delapan Unsur Pembentuk Komik. Cornerstone studio. https://cornerstonestudio.wordpress.com/2010/01/25/delapan-unsur-pembentuk-komik/. Diakses pada 16 Desember 2020: 14.45

Ar-Riayah 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (1), http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/439/pdf

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Yrama Widya.

Hafid. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana. 6 (2), DOI: https://doi.org/10.24252/.v6i2.1403

Haryanto dan Budiarti, Wahyu Nuning (2016). Pengembanagn Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasi. 4 (2), DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Jakob, Dittmar (2012). Digital Comics” in: Scandanavian Journal of Comic Art (SJoCA), Winter.

Koesoema (2017). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Grass Indo.

Mushon A (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan. 8 (2),DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Muslich M (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nadia Kustianingsari (2015). Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Teks Cerita Manusia Dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putatjaya III/379 Surabaya. Jural Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 6 (2), https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/13072

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Alquran, Hadits, Syariah dan Tarbiyah. 3(1), 1-17, http://dx.doi.org/10.33511/misykat.vn1.171.

Nurseto (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8 (1), DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Oemar Hamalik (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri A.V (2011). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal unes. 3 (2), http://lib/unnes.ac.id/id/eprint/12410

Rohmanulmeta dan Dewi (2018). Pengaruh Media Komik Digital Pelestarian Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding dalam Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/235

Rosidatun (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Gramedia Komunication.

Rudi Susilana & Cepi Riyana (2011). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Salfera N (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VII. Jurnal Education. 3 (2), DOI: https://doi.org/10.29210/1201729

Salikhah, Norma, Dewi, Ardin Primadewi, Muis Sad Imam. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Cakrawala: Jurnal Studi Islam. 20(1), 9-16, https://doi.org/10.1603/cakrawala.v11i1.105.

Setyosari (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembanagan. Jakarta: Kencana.

Soeharto dan Saputro (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. 3 (1), DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmanasa dkk (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal PSD. 3 (2), DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Sukmadinata, Nana Syaodih (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya: Bandung.

Sul Nugroho Dkk (2018). Seri Edukasi Britannica Cahaya Dan Bunyi. Jakarta Bhuana Ilmu Populer.

Tafonao T (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi pendidikan. 2 (2), DOI: https://doi.org/10.332585/jkp.v2i2.113

Zubaedi (2012). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i1.6478

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>