Hubungan Demografi Guru Terhadap Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis HOTS Di Beberapa Sekolah Dasar Jakarta Barat

Nadia Maghfiroh, Apri Utami Parta Santi

Sari


Abstrak. Pada abad 21 terjadi perubahan yang sangat pesat, perubahan tersebut terjadi di dalam dunia pendidikan yang manasiswa dituntut untuk mengembangkan 4 kemampuan yaitu komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif dan HOTS merupakan jawaban atau solusi untuk perubahan tersebut. Namun terjadi permasalah pada guru yaitu pada kualitas kemampuan guru, maka dengan melihat informasi demografi guru yang meliputi umur, latara belakang, dan pengalaman guru maka kemampuan guru.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara demografi guru dengan penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan atau berbasis HOTS di beberapa Sekolah Dasar Jakarta Barat pada Kecamatan Kebon Jeruk. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasi koefisien kontingensi. Hasil penelitian yang didapatkan demografi guru (X) dengan penerapan pembelajaran IPA berbasis HOTS (Y) pada guru bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif).

Kata Kunci: Demografi Guru, Penerapan HOTS, Pembelajaran IPA

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aninditha Paramita.A, N., L., P., Ngurah Japa, I., G., dan Wawan Sudatha, I., G. 2018. Pengaruh Model Contextual Teaching dan Learning Berbantuan Masalah Realistis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thingking Skill And Creativity Journal. TSCJ, Vol 1 (2), 56-65.

Rutonga, Rudi. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Penddikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1(2), 196-297.

Siti Komariah, R., Subarjah, H., dan Sujana, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Panas. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1 (1), 621-630.

Stevarani, Glapitia. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Kelas IV SDN Kapuk Cengkareng Jakarta Barat. Skripsi Program Studi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta (Tidak dipublikasikan).

Subekti, Alan Rizky. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Tematik Kelas V (Studi Kasus Di Salah Satu SD Kabupaten Bantul). Skripsi/Disertasi Program Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma (tidak dipubliskan).

Sugiati, Iis Yeni dan Hayati, Auliya Aenul. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R)Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Dimensi Pengetahuan. Jurnal Caruban Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4 (2), 55-61.

Uge Lawe, Y., dan Pau, M. 2019. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Volume 6 (1), 64-74.

Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., dan Ngazizah, N. 2019. HOTS (higher Order Thingking Skills) Dan Kaitannya Dengan Keterampilan Generik Sains Dalam Pembelajaran IPA SD. Makalah Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I, UMS, Surakarta Januari.

Wijayanti, P., N. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Kelas V (Studi Kasus Di salah Satu SD Swasta Kota Yogyakarta. Skripsi Program Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma (tidak dipublikasikan).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>