Pengaruh Model Market Place Activity (MPA) Berbantuan Poster Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD IT At-Taufiq Al-Islamy Pada Tema 6 Subtema 1 Muatan IPA

Ifa Nur Afifah, Moh Fahmi Nugraha, Budi Hendrawan

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Market Place Activity (MPA) Berbantuan Poster Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD IT At-Taufiq Al-Islamy Pada Tema 6 Subtema 1 Muatan IPA. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD IT At-Taufiq Al-Islamy, yang berjumlah 20 siswa dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sampel diambil secara random yang menghasilkan 10 siswa kelas eksperimen dan 10 siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan model Market Place Activity (MPA) berbantuan poster dapat memengaruhi prestasi belajar siswa Kelas V SD IT At-Taufiq Al-Islamy Pada Tema 6 Subtema 1 Muatan IPA, hal ini juga terlihat dari perbedaan antara rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kelas eksperimen rata-ratanya yaitu 84,8 dan rata-rata prestasi belajar pada kelas kontrol  yaitu 66,2.

Kata kunci: Market Place Activity (MPA) Berbantuan Poster, Prestasi Belajar IPA

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basuki, Agus T. 2015. Analisis Statistik dengan SPSS. Banyu meneng: Danissa Media.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No 20, Tahun 2003, Tentang Tujuan Pendidikan Nasional.

Djamarah, Bahri, S. 2017. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Indrawan, Rully, & Yaniawati, Poppy. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Campuran. Bandung: PT Revika Aditama.

Niska, Bakhiti. 2013. Penggunaan Media Poster Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. Vol. 01. No 02. 0-216. Diunduh pada tanggal 21 November 2019 jam 19.35. WIB.

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=bakhiti+niska+penggunaan+media+poster+untuk+peningkatan+hasil+belajar&btnG=#d=gs_QABS&U=%23p%3DMDKwfG6YxroJ.

Setyawarno, Didik 2016. Panduan Statistik Terapan Untuk Penelitian Pendididkan. Yogyakarta: Pendidikan IPA FMIPA UNY

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sumantri, Syarif, M. 2015. Strategi Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Wibowo, Satrio B. 2010. Modul Pelatihan SPSS. Lampung. Universitas Muhammadiyah Metro.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.3278

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>