Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru di SDN Sadagori I Kota Cirebon Melalui IHT PAIKEM Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.3194Abstract
Abstrak. Penelitian Tindakan Sekolah bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui In House Training Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM), kegiatan ini dilakukan berdasarkan hasil supervisi akademik yang diperoleh hasil, 35% guru sudah melakukan pembelajaran secara aktif, dan 65 % pembelajarannya berbasis konvensional, yang mengakibatkan pasifnya siswa dalam pembelajaran dan juga kurang berkembangnya potensi siswa seperti, inovatif, kreatif dan menyenangkan. PAIKEM merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang mengembangkan potensi ,gagasan dan kreativitas. Tindakan dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi pada siklus I mengindikasikan bahwa baru tiga dari empat belas guru telah mampu mengaktifkan siswa,menggunakan lembar kerja,dan memberikan reaward ,sedangkan sebelas guru baru mengaktifkan siswa dan menggunakan reward, artinya pemahaman guru tentang PAIKEM kurang . Pada siklus II, hasil pengamatan dan refleksi menunjukkan terjadinya peningkatan dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif,efektif ,kreatif ,namun belum inovatif. Sehingga peneliti menyimpulkan meningkatnya pemahaman guru tentang PAIKEM dan penggunaannya pada pengembangan pembelajaran  dalam penyusunan RPP,meningkatnya kemampuan guru pada pengembangan PAIKEM dalam penyusunan RPP dan  adanya upaya dari guru untuk lebih meningkatkan profesionalismenya dalam penyusunan perencanaan pembelajaran, ditunjukkan dengan aktivitas guru dalam kegiatan KKG sekolah.
Kata Kunci: PAIKEM, IHT, Kompetensi Pedagogik
References
Akhmad Sudrajat (2008), Supervisi klinis untuk perbaikan pembelajaran, word press.com.
BSNP 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jakarta.
Dirjen PMPTK, 2007, Karya Tulis Ilmiah Laporan Hasil Penelitian, Pedoman
Penyusunan KTI pada Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala Sekolah Sekolah.
Depdikbud (1996), Materi Pelatihan Supervisi dan Administrasi Pendidikan,Jakarta
Depdikbud (1996), Materi Pelatihan Supervisi dan Administrasi Pendidikan,Jakarta.
Depdiknas (2004), Pedoman Supervisi Pengajaran, Jakarta
Mulyasa (2005), Menjadi Guru Profesional,Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya,
Ngalim Purwanto (2002), Administrasi dan Supervisi Pendidikan,BandungPenerbit Alfabeta.
Sugiyono (2005), Metode Penelitian Administrasi, Bandung, Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.