Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru di SDN Sadagori I Kota Cirebon Melalui IHT PAIKEM Berkelanjutan

Eva Resna Hendawati

Sari


Abstrak. Penelitian Tindakan Sekolah bertujuan  untuk Meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui In House Training Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM), kegiatan ini dilakukan berdasarkan hasil supervisi akademik yang  diperoleh hasil, 35% guru sudah melakukan pembelajaran secara aktif, dan 65 % pembelajarannya berbasis konvensional, yang mengakibatkan pasifnya siswa dalam pembelajaran dan juga  kurang berkembangnya potensi siswa seperti, inovatif, kreatif  dan menyenangkan.  PAIKEM merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang mengembangkan potensi ,gagasan dan kreativitas. Tindakan dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi pada siklus I mengindikasikan bahwa baru tiga dari empat belas guru telah mampu mengaktifkan siswa,menggunakan lembar kerja,dan memberikan reaward ,sedangkan sebelas guru baru mengaktifkan siswa dan menggunakan reward, artinya pemahaman guru tentang PAIKEM kurang . Pada siklus II, hasil pengamatan dan refleksi menunjukkan terjadinya peningkatan dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif,efektif ,kreatif ,namun belum inovatif. Sehingga peneliti menyimpulkan meningkatnya pemahaman guru tentang PAIKEM  dan penggunaannya pada pengembangan pembelajaran   dalam penyusunan RPP,meningkatnya kemampuan guru pada pengembangan PAIKEM dalam penyusunan  RPP dan  adanya upaya dari guru untuk lebih meningkatkan profesionalismenya dalam penyusunan perencanaan pembelajaran,  ditunjukkan dengan aktivitas guru dalam kegiatan KKG sekolah.

Kata Kunci: PAIKEM,  IHT, Kompetensi Pedagogik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhmad Sudrajat (2008), Supervisi klinis untuk perbaikan pembelajaran, word press.com.

BSNP 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jakarta.

Dirjen PMPTK, 2007, Karya Tulis Ilmiah Laporan Hasil Penelitian, Pedoman

Penyusunan KTI pada Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala Sekolah Sekolah.

Depdikbud (1996), Materi Pelatihan Supervisi dan Administrasi Pendidikan,Jakarta

Depdikbud (1996), Materi Pelatihan Supervisi dan Administrasi Pendidikan,Jakarta.

Depdiknas (2004), Pedoman Supervisi Pengajaran, Jakarta

Mulyasa (2005), Menjadi Guru Profesional,Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya,

Ngalim Purwanto (2002), Administrasi dan Supervisi Pendidikan,BandungPenerbit Alfabeta.

Sugiyono (2005), Metode Penelitian Administrasi, Bandung, Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.3194

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>