Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Jasmani Untuk Karakter Demokratis Tema 2 Subtema 1 Bagi Siswa Kelas IV SDN Bendan Ngisor Semarang

Faris Himawan

Sari


Abstrak. Penelitian ini diawali dari sebagian besar siswa  yang masih banyak dalam  karakter anak masih kurang mulai dari berbica sendiri tidak mematuhi peraturan dan tidak mendengarkan gurunya dalam pembelajaran penjas. Permasalahan tersebut menjadi pertimbangan bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan model pembelajaran aktivitas jasmani dengan menggunakan permainan tradisional. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV di SD Bendan Ngisor Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Borg and Gall yang kemudian pada tahap pengembangan dibagi menjadi beberapa langkah-langkah yaitu (a) penyusunan draft model awal pembelajaran, (b) validasi ahli, (c) uji coba skala kecil, (4) uji coba skala besar, dan (e) produk operasioanl terbatas. Hasil dari penelitian berdasarkan perhitungan normatif berkategori baik, berkategori baik artinya model yang dikembangkan dapat mengembangkan karakter siswa, dan model yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan pembelajaran penjas.

 

Kata Kunci: Pendidikan karakter, Demokratis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fudyartanta Ki. 2010. Membangun Kepribadian Dan Watak Bangsa Indonesia Yang Harmonis Dan Integral. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kuneifi, Amin Elfachmi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Noor, Rohinah M. 2012. Mengembangkan Karakter Anak secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Mahbubi M. 2012. Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.