Analisis Nilai Karakter Dalam Film Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro

Fanny Rizka Afrilia

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya karakter anak yang negatif dan menyimpang yang terjadi di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, perlu diberikan media pendidikan yang dapat merubah karakter anak untuk menjadi lebih baik. Media pendidikan tersebut yaitu melalui tayangan televisi seperti film anak-anak yang mendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter dalam film Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan simak catat. Data dianalisis dengan mendeskripsikan nilai karakter dalam film Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro. Hasil analisis terdapat 18 Nilai Karakter yang muncul pada Film Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro seperti nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin,  kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan peduli sosial, dan tanggung jawab.

Kata Kunci: Nilai Karakter, Film Nussa dan Rara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto, dan Darmiatun. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Eko, Jalil, dan Faisol. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara Karya Aditya Triantoro. Jurnal. Malang.

Novianti, dan Mushafanah. 2019. Analisis Nilai Karakter Pada Siswa Sekolah Adiwiyata SD Negeri Pleburan 04 Semarang. Jurnal. Semarang.

Syarbini, Amirulloh. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3065

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.