Pengembangan Media Spasi (Sistem Pencernaan Sapi) Pada Materi Ipa Siswa Kelas V Sdn Bendan Ngisor Semarang

Heru Kristianto

Sari


Abstrak. Penelitian ini diawali dari sebagian besar siswa yang kesulitan dalam memahami materi pencernaan makanan pada hewan ruminansia mata pelajaran IPA. Permasalahan tersebut menjadi pertimbangan bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran SPASI (Sistem Pencernaan Sapi) dan mengetahui kualitas media pembelajaran SPASI (Sistem Pencernaan Sapi). Penelitian ini dilakukan kepada sekelompok siswa kelas V di SD Bendan Ngisor Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari tahapan Sugiyono serta Borg and Gall yang kemudian dimodifikasai antara lain  potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk,  revisi desain, revisi produk. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe pembelajaran IPA mengenai sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia. Media pembelajaran SPASI (Sitem Pencernaan Sapi) memiliki kualitas sangat baik dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli IPA dan Montessori. Perolehan skor rerata sebesar 3,85. Uji coba terbatas menunjukikan terdapat peningkatan nilai yang diperoleh siswa. Selisih nilai posttest dengan pretest sebesar 40. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran SPASI (Sistem Pencernaan Sapi) memiliki kualitas yang sangat baik dan membantu siswa memahami materi pencernaan makanan pada hewan ruminansia.

Kata Kunci: Pencernaan Makanan, Media Pembelajaran,  SPASI.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, Dwi. 2008. Teknik Membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash. Yogyakarta: Andi

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Indriana, Dina 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press

Ihzandy, Edo. 2016. Pengembangan Multimedia Sistem Tata Surya Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SDN 2 Tanggulanom, Selopampang, Temanggung Jawa Tengah. Vol V Nomor 2. (Online), http://journal.student.uny.ac.id [diakses tanggal 24 Desember 2019]

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Kustandi, Cecep. Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Maryani, Ika. 2015. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktek). Yogykarta: CV. Budi Utama

Roesminingsih, MV dan Hadi Susarno. 2013. Teori dan Praktik Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Rullyanda, Dodi. Hakikat dan Tujuan Pembelajaran IPA di SD. http://dodirullyandapgsd.blogspot.co.id/2014/08/hakikat-dan-tujuan-pembelajaran-ipa.html?m=1# (diakses 20 Desember 2019).

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Indeks

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilana, dan Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. wacana Prima

Okur, Ibrahim. 2010. The effect of Using Animations on Pre-service Science Teachers’ Science Achievment. (online). http://sciencedirect.com/science.article/pii/202229X [diakses tanggal 18 Desember 2019]




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.3037

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>