PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LINGKUNGAN

Nida Fitri Yansyah, Salati Asmahasanah, Hilman Hakiem

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran tematik serta meningkatkan hasil pembelajaran tematik melalui penerapan metode outdoor study berbasis scientific learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kreativa Kota Bogor tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian dilaksanakan pada kelas IVB yang terdiri dari 21 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode outdoor study berbasis scientific learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 subtema 3. Hal tersebut dapat terlihat dari pencapaian hasil belajar yang dilakukan pada setiap siklusnya serta lembar observasi aktivitas pada pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru dan siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil belajar rata-rata keseluruhan siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 70,48 dan meningkat pada hasil belajar siklus II yaitu mencapai nilai rata-rata sebesar 84,38. Adapun hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 70% dan pada siklus II yaitu 83,75%. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada pembelajaran tematik dalam kegiatan belajar mengajar mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu pada siklus I mencapai 67,85% dan siklus II yaitu 82,14%. Dengan demikian, menggunakan metode outdoor study berbasis scientific learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Kreativa Bogor.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmahasanah, Salati, dkk. (2018). Analysis of The Role of Higher Education in The Development of Pedagogic Competence of Madrasah Teachers Through The Learning of School Garden. Proceedings of International Conference, Paper No. B-20: 241-248. (Online) http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/bksptis/article/view/3578

Asmahasanah, Salati, dkk. (2018). Pembelajaran Berbasis Lingkungan & Sociopreneur (Analisis Praktik Nilai Sosial, Entrepreneur, dan Religius). Bogor: UIKA PRESS.

Danim, Sudarwan. (2013). Pengantar Kependidikan, Bandung: ALFABETA.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Majid, Abdul. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v2i1.2349

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>