PENGARUH MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i1.2245Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV Sekolah Dasar pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi-experimental) yang didesain dalam bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN Cimanggah 2 Sukabumi. Instrumen yang digunakan berupa tes, tes tersebut diberikan pada saat pretest dan posttest. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model SAVI sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model SAVI, proses pembelajaran masing-masing kelas dilakukan sebanyak tiga kali dengan materi yang sama yaitu bangun datar. Hasil pengujian menunjukan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata akhir sebesar 72,89 lebih tinggi 21,57 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 51,32. Selain itu hasil pengujian Uji T Dua Sampel Independen menunjukan hasil signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan uji (0,05), artinya terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model SAVI memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas IV SD tahun ajaran 2018/2019.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.