Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dasar

Suriyana Suriyana, Risdiana Andika Fatmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kritis mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal matematika pada matakuliah Matematika dasar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PGSD yang berjumlah 20 mahasiswa, 16 mahasiswa perempuan dan 4 laki-laki. Proses pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis berupa tes kemampuan berfikir kritis dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  karena data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif berdasarkan ketercapaian indikator berfikir kritis pada setiap soal. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada indikator menganalisis argumen kategori kurang. Kemampuan berpikir kritis pada indikator mengevaluasi informasi kategori tidak baik.  Kemampuan berpikir kritis pada indikator mensintesis bukti kategori tidak baik. Kemampuan berpikir kritis pada indikator menarik kesimpulan kategori tidak baik. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD perlu untuk dikembangkan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baxter, C. (1997). Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.

Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology Vol. 1 (2), 274-285.

Dunkin, M.J. dan Biddle, B.J. (1974). The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston.

Ennis, Robert H.1985. Critical Thinking. New Jersey : Prentice Hall, University of lllinois

Hassoubah,I.J.2004. Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa

Lai, Emily R.2011. Critical Thinking: A Literature Review. Pearson’s Re-search Reports.

Lela Nur Safrida dkk. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, dalam Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/April (2018). hlm.10-16

Maryam, R. Siti, dkk. (2008). Mengenal usia lanjut dan perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Rubenfelt M.G dan Scheffer, B.K. 2006. Berfikir Kritis Keperawatan Edisi 2.Jakarta: EGC

Rasiman, Penelusuran Proses Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bagi Siswa dengan Kemampuan Matematika Tinggi,dalam e-Journal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1/Maret (2012)

________, Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bagi Siswa dengan Kemampuan Matematika Rendah, dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4,.

________ & Kartinah, Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, dalam http://eprints.upgrismg.ac.id/33/1/I.%20MAKALAH%20KIRIM%20UN S-2013-uns-eprints.pdf, diakses 20 April 2015

Sugiyono.2013.Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2223

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>