PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD

Rizki Ameli

Sari


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap, aktivitas, dan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning teknik jigsaw II, yang  bertujuan untuk mendeskripsikan sikap, aktivitas, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning teknik jigsaw II. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode PTK menurut Kemmis & Taggart yang dalam implementasinya terdiri dari empat tahapan yaitu planning, action, observation, dan reflection yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga tindakan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini meliputi lembar observasi, lembar wawancara, lembar kerja siswa, lembar evaluasi, lembar catatan lapangan, skala sikap, dan dokumentasi. Guru harus menerapkan langkah-langkah model cooperative learning teknik jigsaw II dengan benar dan pemberian penghargaan agar siswa termotivasi. Temuan siklus I diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran keaktifan siswa hanya tertuju pada beberapa siswa, diperoleh rata-rata hasil aktivitas kelompok mencapai  58,93 sedangkan hasil rata-rata evaluasi individu mencapai 72,81. Siklus II diperoleh temuan bahwa sebagian besar siswa sudah menunjukkan keaktifan dan kerjasama yang semakin kompak. Sehingga diperoleh rata-rata aktivitas kelompok 75 dan rata-rata hasil evaluasi individu mencapai 83,33. Hasil temuan siklus III menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang diharapkan, yaitu rata-rata aktivitas kelompok mencapai rata-rata 84,82 sedangkan hasil evaluasi yaitu 86,96. Kesimpulannya bahwa model cooperative learning teknik jigsaw II dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD. Rekomendasi yang ditujukan pada peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai gambaran untuk mengembangkan penelitian ini lebih luas dan berkualitas.

 

Kata kunci: Keterampilan Interpersonal; Model Cooperative Learning Teknik Jigsaw II

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Y. (2009). Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rizqi Press.

Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

LN, S.Y. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lwin, M. et al. (2008). How to Multiply Your Child’s Intelligence: A Practical Guide for Parents of Seven-Year-Olds and Below. Prentice Hall.

Nopianti, N. (2008). Profil Kecerdasan Interpersonal Siswa (Studi Terhadap Siswa SMPN 1 Padalarang Tahun Ajaran 2006/2007). Skripsi pada FIP UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen Mata Kuliah Pendidikan IPS SD. (2007). Modul Pendidikan IPS di Sekolah Dasar, Bandung: UPI

Uno, H.B. dan Umar, M.K. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v1i1.1171

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>