IMPLEMENTASI BUKU SAKU LVE DALAM MENANAMKAN NILAI KEBEBASAN DAN PERSATUAN SISWA SD

Authors

  • Adang Setiawan Universitas Swadaya Gunung Jati, Fiji

DOI:

https://doi.org/10.33603/cjiipd.v8i1.10600

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kebebasan, Persatuan, Buku Saku, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi buku saku Living Values Education (LVE) dalam menanamkan nilai kebebasan dan persatuan pada siswa kelas VI SD. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sunyaragi, Kota Cirebon, melibatkan 28 siswa, 18 orang tua, dan 1 guru wali kelas. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada seluruh indikator nilai kebebasan dan persatuan dari pretest ke posttest. Siswa menjadi lebih mampu mengekspresikan pendapat secara bertanggung jawab, menghargai perbedaan, serta menunjukkan sikap kerja sama dalam kelas. Buku saku Living Values Education (LVE) dinilai efektif karena menyajikan nilai-nilai moral melalui cerita kontekstual dan aktivitas reflektif yang mudah dipahami. Selain itu, keterlibatan orang tua juga cukup tinggi, dengan mayoritas merasa terbantu dalam menyampaikan nilai-nilai moral di rumah.

References

Aryani, N., & Wilyanita, N. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran untuk Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4653–4660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2339

Da Silva, H. E. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Masyarakat Dawan Pada Pembelajaran Masyarakat Multikultural. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 2(2), 139–143. https://doi.org/10.59098/pensos.v2i2.1793

Febriani, R., Waldi, A., & P. Mbeo, N. (2021). Urgensi Pendidikan Multikultural pada Masyarakat Homogen Demi Menjaga Ketahanan Negara Bangsa (Studi Kasus Video Viral Pemakaian Jilbab di SMK di Padang). Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 208. https://doi.org/10.22146/jkn.65419

Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Perspektif, 6(1), 1. https://doi.org/10.15575/jp.v6i1.163

Hariandi, A., Yulianti, W., Hikmah, N., Juniza, P., & Arianda, F. T. (2023). Analisis Pentingnya Pengelolaan Pendidikan Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10674–19679. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3310

Helwend, Y., & Tuamain, K. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Karakter Tanggung jawab Peserta Didik di Sekolah Dasar. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 42–47. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v3i2.1723

Herliawati, P. A. (2022). Program Penyuluhan Posyandu Remaja tentang Kesehatan Mental dan Memahami Pentingnya Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19 Di Karangsemanding. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 115–121. https://doi.org/10.37802/society.v2i2.194

Kelana, J. B., Widodo, A., & Suwarma, I. R. (2024). STEM Learning: How Can Environmental Issues Stimulate Elementary School Students’ Problem-Solving Abilities? (pp. 234–240). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_27

Khotimah, S., & Utami, R. D. (2022). Analisis Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling dalam Menanamkan Karakter Jujur dan Mandiri Peserta Didik pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(3), 5007–5013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2998

Larosa, S. (2022). Implementasi Misi Multikultural Yesus Kristus dalam Yohanes 4:7-39 pada Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Jurnal Apokalupsis, 13(2), 134–152. https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v13i2.54

Lu, J., & Yu, X. (2019). The Internet as a Context: Exploring Its Impacts on National Identity in 36 Countries. Social Science Computer Review, 37(6), 705–722. https://doi.org/10.1177/0894439318797058

Lubis, M. A., Sumantri, P., & Fitri, H. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPS Dikelas IV di SD Negeri 107419 Serdang. Education & Learning, 3(2), 7–12. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1035

Mahmudah, M., & Noor, T. (2023). Pendidikan Multikultural Sebagai Preventif Ideologi Radikalisme di Kalangan Santri Madrasah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 401. https://doi.org/10.35931/aq.v17i2.2001

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p302

Marzuqi, Y., & Marzuki, M. (2022). Urgensi Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Persatuan pada Anak di Daerah Transmigran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2996–3006. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2268

Ma’sumah, Aini, S. N., & Oktaviana, A. W. (2024). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 09–19. https://doi.org/10.62385/budimul.v2i1.87

Miftahur Rohmah, & Faizah, S. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 206–212. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.2934

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

nofianti, malka. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31219/osf.io/9bv58

Nugraha, Y., & Firmansyah, Y. (2019). Karakter Toleransi Beragama dalam Sudut Pandang Generasi Milenial. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 69–76. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2.3856

Nurbaiti, A. (2023). Installation Of Moral Values In Early Children Through Praying Dhuha Prayer. Proceedings of the 1st International Conference on Early Childhood Education in Multiperspective, ICECEM 2022, 26th November 2022, Purwokerto, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.26-11-2022.2336275

Prayitno, H. J., Utami, S. D., Amalia, N., Utami, R. D., Purnomo, E., & Nizaar, M. (2024). Circural School: As a Model for Integrating 21st Century Environmental Care Character Education in Elementary Schools (pp. 279–295). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-226-2_23

Syafi’i, A., Saied, M., & Rohman Hakim, A. (2023). Efektivitas Manajemen Pendidikan dalam Membentuk Karakter Diri. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1905–1912. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.237

Tristiantari, N. K. D., Sunendar, D., Hartati, T., & Cahyani, I. (2023). Implementation of the School Literacy Program and Its Influence on Reading Interest at Elementary School Students in Suburban of Bali. In Proceedings of the 3rd Annual Conference of Education and Social Sciences (ACCESS 2021) (pp. 158–167). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-21-3_18

Tulak, H., Pakiding, A., Tulak, T., & Pongsirante, A. (2023). Generation Z: Understanding the Moral Characteristics of The Current Generation. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 6081–6083. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6727

Wibowo, A. M. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran: Analisis Dampak Penerapan Asesmen Nasional Dalam Bingkai Teori Kognitif Sosial. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(2), 137–152. https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.16023

Yasa, I. K. D., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. (2019). UPAYA SEKOLAH DALAM INTERNALISASI NILAI PERSATUAN PADA SISWA DI SMA KATOLIK KESUMA MATARAM. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(1). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i1.88

Published

2025-08-13

Issue

Section

Artikel

Citation Check